Saturday, September 6, 2008

BEASISWA JABABEKA S1

Beasiswa Jababeka Jurusan Ekonomi, Teknik, Komputer, dan Komunikasi
Apabila putra-putri anda pandai dan memerlukan bantuan pembiayaan, dapatkan beasiswa dari Kawasan Industri di Kota Jababeka yang dihuni 1350 perusahaan multinational dari 27 negara.

Tentang Jababeka

Kota Jababeka terletak di sebelah timur Jakarta, tepatnya di daerah Cikarang Kabupaten Bekasi. Di kota Jababeka terdapat 1235 perusahaan seperti Samsung, United Tractor, Nissin, dll dengan investor dari berbagai negara anatara lain USA, Inggris, Perancis, Jerman, Australia, Jepang, China, Korea, Singapura, Taiwan, dan Malaysia. Di kota ini juga terdapat 16 lembaga pendidikan (universitas, sekolah, akademi) dan 24 lokasi pusat perbelanjaan.

Beasiswa Jababeka

President University didirikan di Kota Jababeka untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang terampil yang harus mampu berbahasa Inggris dan bahasa asing lainnya untuk menghadapi persaingan global. Suasana international tercipta dengan adanya 30% mahasiswa yang berasal dari luar negeri demikian juga para dosennya.
Tersedia 12 jurusan yang terdiri dari:
Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Komputer dan Fakultas Komunikasi.
Para mahasiswa diharuskan tinggal diasrama dan magang selama 2 semester di Jababeka maupun Jakarta. Hal tersebut untuk memastikan bahwa setelah lulus mereka akan mendapat pekerjaan yang baik yang sesuai dengan bidangnya.
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi alamat berikut:

Komite Beasiswa Jababeka
Menara Batavia Lt. 25
Jl. KH Mas Mansyur Kav. 126, Jakarta 10220
Tel: 021- 572 7337
Fax: 021-572 7338
E-Mail: beasiswa@jababeka.com

Website: www.jababeka.com
Info dari Harian Kompas 6 April 2008. Pertanyaan seputar beasiswa jababeka dapat diajukan langsung pada alamat email atau telp yang tercantum diatas. Website ini hanya sebatas penyalur informasi beasiswa.

Thursday, September 4, 2008

DIKTI 2008 2009 Koordinasi Bagi Penerima Beasiswa

Koordinasi Bagi Penerima Beasiswa LN DIKTI 2008

Diberitahukan kepada para penerima beasiswa LN DIKTI thn 2008 akan ada Pertemuan Koordinasi pada hari Senin 1 September 2008 pkl 14.00 di Kantor
Kerjasama LN UNPAD jln Dipati Ukur 35 Bandung 40132.
Utk keterangan lebih lanjut dapat hubungi : Tlp 022-2508122

Penerima Beasiswa Luar Negeri DIKTI Pertemuan Dosen Unpad

Pertemuan Dosen Penerima Beasiswa LN DIKTI

Diberitahukan para Dosen Penerima Beasiswa LN DIKTI 2008/2009 pertemuan berikutnya diselenggarakan pada:

Hari : Rabu
Tanggal : 10 September 2008
Pukul : 14.00 WIB
Tempat : Lounge Lt 2 Gedung Baru Rektorat UNPAD Jl. Dipati Ukur no. 35

STAN 2008/2009 Pengumuman Hasil Ujian Masuk

Pengumuman Hasil Ujian Masuk STAN 2008/2009
Setelah ditunggu - tunggu oleh para pecinta STAN, akhirnya sesuai jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya, pengumuman hasil USM (ujian saringan masuk) STAN 2008 muncul juga.. Selamat bagi yang diterima di STAN, dan selamat dan sukses juga bagi yang tidak diterima.

Untuk melihat dan mendownload silakan klik dibawah ini (file pdf) :

Pengumuman hasil USM STAN 2008/2009

Lampiran daftar mahasiswa baru yang diterima STAN 2008/2009

total jumlah mahasiswa baru yang diterima sebanyak 2325 orang, dengan rincian :

D1 sebanyak 210 orang
D3 sebanyak 2115 orang.

pengumuman ini dapat dilihat dari situs resminya di http://www.bppk.depkeu.go.id atau di http://hasilujian.stan.ac.id

Tuesday, September 2, 2008

Info double degree

TANYA

dear friends..
saya butuh info tentang info untuk program double degree S1..
kmaren teman saya dapat beasiswa program doubel degree ke german..
kira2 masi ad lgi ga info nya..??
syarat2 nya ap aj..??
saya mahasiswa semster 7..jurusan Teknik Lingkungan

regards
ardo

JAWAB


Hi.
di kampus saya di FE - UI ada program Kelas Internasional..
Dimana 2 tahun di UI Depok, sedangkan 2 tahunnya lagi di Universitas yang bekerja sama dgn UI..
Khusus FE, bekerja sama dgn Universitas di Belanda (UVA & Tillburg) dan Australia (Brisbane, Melbourne, Queensland) *rencananya akan di expand ke Jerman*
Program tersebut hanya ada di Fakultas Psikologi, Ekonomi dan Teknik..
Namun, program tersebut hrs diikuti dr awal (semester 1)

TOEFL Institutional untuk apply ADS

sertifikat TOEFL Institutional untuk apply ADS

TANYA

dear tyana..

saya mendengar bahwa LIA (Lembaga Inggris-Indonesia) mengadakan toefl 1 minggu 2x. Kalo ga salah hari rabu dan sabtu. Tapi yang saya tidak tahu apakah sertifikat toefl LIA termasuk salah satu sertifikat yang diakui atau tidak..


JAWAB

kemarin2 saya sempat mengirim email ke ADS dan menanyakan hal ini
mereka bilang LIA bisa dipakai, tak ada salahnya dicoba..

Yang saya tahu untuk toefl institutional di Jakarta itu hanya di UI depok dan salemba (sebulan sekali) dan di AMINEF setiap hari selasa

TOEFL ITP dan Prediction setahu saya memang bisa digunakan. Dulu saya pakai di EEC, dan mereka bisa flexible ujian kapan saja.

ambil toefl itp di neso juga bisa kok...
http://www.nesoindonesia.com/indonesian-students/informasi-dalam-bahasa/itp-toefl/jadwal-itp-toefl

Dear Tryana,
Setahuku kamu pake TOEFL Institutional dari lembaga manapun juga ndak apa2 kok.Yang penting TOEFLmu diatas 500, dan jangan lupa dilegalisir kalo bisa. Semoga kamu bisa masuk shortlist. Good luck.
Best regards,
Eddy

Program Doktor bisnis di Jerman

PhD dalam bidang bisnis di Jerman

TANYA

Dear semuanya,

Saya sedang search universitas di Germany untuk level PhD dalam bidang bisnis. Kira-kira universitas mana yang menawarkan bidang Operation Management di Jerman dan menggunakan bahasa Inggris? Dari semua website yang saya ketahui, sepertinya semuanya mengarah ke bidang engineer dan menggunakan bahasa Jerman. Bahkan bidang bisnispun juga berbagau engineer. Padahal latar belakang S1 dan S2 saya murni ilmu sosial. Universitas mana ya, bagi-bagi info dong....

Jabat erat,

Zahra

JAWAB

Halo..

Coba lihat di Universitas Hannover. Saya lagi studi di sini juga dan
di fakultas ekonomi kami, ada Institut of Produktionwirtschaft und
Management (kalau tidak slaah ya operation management gitu..tapi
bukan engineering). ada satu temen dari Thailand lagi ambil PhD di
institut itu, dan dia gak bisa bahasa jerman sama sekali. Di fakultas
kami, mahasiswa PhD bisa nulis desertasi dalam INggris atau Jerman.

Salam,

Heri Kuswanto

Status Ijasah O-Level

Dear teman-teman milis beasiswa,

Mohon infonya mengenai Status Ijasah O-Level yang ada di dunia
pendidikan internasional. Adik saya bersekolah (SMA) di Malaysia dan
menggunakan kurikulum dari Cambridge-Inggris,lulus tahun 2007 dan
langsung mendaftar untuk melanjutkan perkuliahan di
Prancis..Alhamdulillah kabar baik datang untuk adik saya, dia di
terima di Universite de Caen Basse Normandie untuk jurusan Economie
et Gestion (Ekonomie & Manajemen). Saat melakukan daftar ulang,
pihak akademik di universitas mencek kembali seluruh dokumen yang
dimilikinya, pihak universitas memeriksa ijasah yang dimilikinya,
ijasah tersebut tidak dapat digunakan/tidak berlaku/tidak bisa
digunakan untuk masuk universitas.

Bagi teman-teman yang mengetahui tentang info status dari Ijasah O-
level dan memiliki solusi untuk pemecahan ini mohon bantuannya.

Terima Kasih

Ana.S Setiawan

JAWAB

Hi

Menurut yang saya tahu dan kebetulan pernah tinggal di UK, syarat
masuk University di UK atau in British Systems adalah lulusan A-Level
sedangkan utk diterima A-level mesti lulus O Level atau GCSE.
Mungkin penjelasan tentang O Level bisa dilihat di wikipedia berikut:
http://en.wikipedia.org/wiki/Ordinary_Level

Karena apply-nya ke Perancis (different system) maka mereka akan
melihat foreign qualification yang equivalent dengan British Systems
(karena Malaysia adalah Commonweath country yang mana mengikuti
British system). Jadi lulusan O level mestinya tidak bisa diterima
langsung ke University.

Iwan

Beasiswa Ekstensi Ilmu Keperawatan

TANYA

saya merupakan mahasiswa baru UGM di Fakultas kedokteran Program Studi Ilmu Keperawatan angkatan 2008/2009. sebelumnya saya sudah mengecek Informasi tentang Beasiswa ke bagian Akademik. menurut mereka bahwa Beasiwa hanya bisa didapat oleh Mahasiswa Reguler. saya merupakan mahasiswa Ekstensi. karena saya berasalulusan Diploma (dari AKPER) yang melanjutkan studi ke jenjang s-1. saya sudah putus asa sekali karena tidak tahu harus mencari kemana lagi beasiswa untuk membantu biaya kuliah saya. mungkin ada teman-teman yang bisa mebantu saya bagaimana caranya agar saya bisa mendapatkan beasiswa. teus terang sekali bahwa kami mahasiwa di kelas ekstensi PSIK B 2008 tidak semuanya bersala dari kalangan PNS maupun instansi non pemerintah. ada yang baru saja lulus AKPER dan melanjutkan studi ke s-1 salah satunya saya. sebenarnya saya lulusan tahun 2006. mohon informasinya.

saya heran, kenapa ada perbdaan perlakuan bagi mahasiswa ekstensi dan reguler???
mungkin ada teman-teman yang tahu donatur atau lembaga pemberi basiswa yang bisa saya hubungi???
untuk menghubungi saya bisa di 085239279726/081331472751

US RADJAH

JOGJAKARTA


JAWAB

BELUM ADA JAWABAN

Rekomendasi Beasiswa dari perusahaan

Rekan-rekan anggota mils,

Dalam aplikasi untuk beasiswa NFP, salah satu persyaratannya adalah surat dari perusahaan yang menyatakan bahwa gaji kita selama mengikuti perkuliahan akan tetap dibayarkan. Apakah itu adalah hal yang mutlak? Bagaimana bila kebijakan yang berlaku di perusahaan adalah bahwa cuti di luar tanggungan gaji tidak dibayarkan?

Mohon pencerahannya.

Terima kasih
W. Reksa


Dear Reksa

jika beasiswa meminta adanya persyaratan surat rekomendasi yang
menyatakan gaji anda tetap dibayar, sebenarnya tidak harus mutlak
adanya. Namun jika anda PNS, bisanya sebelum berangkat, anda akan
diminta surat perjanjian akan kembali. Surat perjanjian tersebut
menjadi salah satu lampiran untuk mendapatkan ijin keberangkatan dari
Sekneg. Terkait dengan mengapa pemberi beasiswa meminta keterangan
bahwa gaji tetap dibayar selama masa pendidikan, ada 3 hal yang
mempengaruhi keputusan tersebut :

1. Artinya anda masih terikat dengan perusahaan tempat anda bekerja
selama anda mengikuti pendidikan. Sehingga ketika anda kembali setelah
masa study selesai, anda mendapat jaminan untuk kembali bekerja
ditempat lama.
2. Jika anda masih dibayar oleh perusahaan, artinya anda terikat
kontrak untuk kembali ke tanah air dan bekerja di Indonesia. Karena
banyak kejadian, para penerima beasiswa, tidak kembali ke tanah air
setelah selesai masa study.
3. Dengan adanya bantuan gaji dari perusahaan tempat anda bekerja, si
pemberi beasiswa tidak merasa khawatir bahwa anda akan kekurangan biaya
hidup. Terus terang, dari pengalaman yang saya temui, banyak penerima
beasiswa yang mengeluh karena uang yang diterima tidak mencukupi.

salam

Fifi

ADS bagi PNS dosen harus via uni?

TANYA

dear milister,

setahu saya, untuk apply ADS, PNS dosen harus mengirimkan berkasnya
melalui universitas. Katanya, kalau tidak melalui uni (mengirim berkas
sendiri langsung ke ADS) berkasnya langsung disingkirkan. Mungkin ada
penerima ADS yang punya pengalaman, mengirimkan berkasnya tidak
melalui universitas, mohon sharing dong...

saya sudah telat nih masukin berkas ke uni. sudah tutup. tp deadline
ADS kan msh dua minggu lagi....

thnks a lot jawabannya....

nana'


JAWAB

Nana,
Memang peraturan dosen pns harus apply via uni. Dulu pertama kali saya apply
ads dgn status dosen tanpa via uni memang langsung ditolak. Tahun berikutnya
saya apply lewat uni, dan deadlinenya memang tidak mengikuti deadline ADS.
Utk UI dulu 1 bulan sebelum ADS karena dari tingkat universitas harus
diteruskan ke DIKTI, karena nanti semua dosen PTN akan berkompetisi antar
dosen PTN saja. Dikti punya kuota utk ADS kalau dulu 40 orang, jadi nanti yg
terpilih adalah 40 kandidat terbaik dari semua dosen PTN yg mendaftar. Dulu
saya tidak tahu ada aturan 1 bulan sebelum ADS. Untung saya waktu itu karena
semua dokumen sudah siap saya langsung masukkan dokumen ke tingkat rektorat
(dilengkapi dgn surat sakti dari dekan dengan instruksi khusus harus ketemu
dgn siapa di rektorat).

Lain kali lebih baik berkas selalu siap sedia, begitu ada info beasiswa G to
G buka, ambil formulir langsung daftar. Birokrasi DIKTI dan universitas
sering lambat, dulu seringkali beasiswa sudah lewat masa pendaftaran,
informasinya baru turun ke tingkat fakultas. Makanya harus rajin memantau
milis
AA

PROGRAM BEASISWA PELIPUTAN INVESTIGATIF

PROGRAM BEASISWA PELIPUTAN INVESTIGATIF
“Mendorong Kebijakan Publik untuk Pengendalian Tembakau”

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta dan Kantor Berita Pena Indonesia
membuka kesempatan bagi jurnalis media cetak dan online di seluruh Indonesia
untuk berkompetisi merebut beasiswa peliputan investigatif bertema
“Mendorong Kebijakan Publik untuk Pengendalian Tembakau”

Total dana beasiswa yang akan disediakan adalah Rp 150 juta. Sebuah dewan
penilai akan menentukan 10 (sepuluh) pemenang yang masing-masing akan
mendapat beasiswa peliputan sebesar Rp 15 juta. Dengan dana itu, selama tiga
bulan, para pemenang diharapkan menghasilkan sebuah karya jurnalistik
investigatif.

Para peserta diminta mengirim proposal peliputan (sesuai format yang
ditentukan panitia), lembar persetujuan redaksi, biodata diri, dan contoh
tulisan terbaik peserta. Proposal pemenang akan dipilih berdasarkan nilai
berita, ketajaman angle, kedalaman usul liputan, dampak liputan terhadap
masyarakat, pengaruhnya terhadap perubahan atau implementasi kebijakan
pemerintah di bidang pengendalian tembakau, dan kemampuan jurnalistik
peserta.

Para mentor yang akan memilih dan membimbing pemenang program beasiswa ini
adalah Farid Gaban (Pena Indonesia), Wahyu Dyatmika (AJI Jakarta) dan
Mardiyah Chamim (Wartawan Tempo).

Proposal peliputan dapat dikirim melalui pos, e-mail atau faximile, paling
lambat diterima 19 Juli 2008.

Untuk informasi dan formulir pendaftaran, hubungi AJI Jakarta :
Jl. Dr. Soepomo S.H. no 1A, Kompleks Bier , Menteng Dalam
Jakarta Selatan 12870. Telp/Fax 021 – 83702660 HP: 08568851979
Email: ajijak@cbn.net. id,

Beasiswa yang mensyaratkan pengalaman kerja

TANYA

setelah mengikuti seminar yang diselenggaakan di GSP, yogyakarta, saya baru tahu bahwa banyak beasiswa yang mensyaratkan pengalaman kerja selama 2 tahun,

kebtulan sejak tahu 2006 saat saya masih semester , saya sudah bekerja sebagai fasilitator teknik hingga awal 2007, terus pertengahan 2007 sampai sekarang saya bekerja untuk proyek2 dosen misalnya membangun dam, PLTU, penambangan.

saya baru lulus agustus 2008 ini,
pertanyaan saya apakah pengalaman kerja saya tersebut sudah terhitung 2 tahun?
atau penghitungan pengalaman kerja dimulai dari saat lulus?

makasih

JAWAB

hi
soal pengalamann kerja tergantung. Ada beasiswa yang hanya menghitung
pengalaman kerja full time. Ada yg mensyaratkan part time diequivalenkan
dengan full time. Misalnya kerja part time 2 tahun, dihitung total jam kerja
jadi mungkin sama dengan 1 tahun (kerja full time itu 40 jam/minggu). Kalau
tidak ada permintaan spesifik, tulis saja pengalaman kerja waktu kuliah. Ada
beberapa beasiswa yang juga menghitung kerja volunteer sebagai pengalaman
kerja (dengan catatan semua ada surat rekomendasinya)
AA

Beasiswa Spesialisasi Kedokteran

TANYA

halo,....

saya butuh informasi ttg program spesialisasi kedokteran di eropa...
apa temen2 bisa ngasih tau saya ttg informasi bgmn cara mengambil
program beasiswanya?

n, saya jg mau tau apa ada beasiswa stuned u program spesialisasi
kedokteran?
mohon informasinya ya...
trmksh.

fitri

JAWAB

Halo,

Seperti sering dibahas, spesialisasi untuk Kedokteran di Eropa / US memang membutuhkan proses yang panjang. Bukan hal yang mustahil, tapi proses nya lumayan, contoh kalau mau masuk residensi di US mesti lolos tes MCAT dengan nilai yang sangat tinggi, belum lagi bahasa yang memang harus fasih banget dan tidak bisa ditawar. Hal ini dikarenakan sertifikasi dokter merupakan seriftikasi profesional yang dikeluarkan suatu lembaga yang akan memverifikasi apakah sertifikat dokter yang kita punya memang layak untuk berpraktek kedokteran di suatu negara ( residen adalah Dokter yang juga berpraktek di suatu Rumah Sakit). Kalau pengalaman dulu-dulu sih, begitu mendapat gelar Bachelor of Medicine (Sarjana Kedokteran) di Indonesia, terus melanjutkan program internship atau ko-ass nya di suatu negara di Eropa. Sehingga seritfikat Medical Doctor yang dikeluarkannya adalah dari negara tersebut, sehinga memudahkan dalam pengambilan program spesialisasinya. Kalau sudah
masuk program spesialisasi di luar negeri nanti malah dapat bayaran, karena dokter residen hitungan nya adalah pegawai magang di suatu RS (beda banget sama di Indonesia ya, yang mesti habis2an mengeluarkan uang he he).

Kalau Beasiswa Stuned, karena Stuned lebih menekankan G to G, maka program studi medicine yang ditawarkan nya biasanya adalah untuk pengembangan kesehatan masyarakat. Bisa dilihat di: http://www.nuffic.nl/nederlandse-organisaties/services/capacity-building/nfp/nfp-masters-degree-programmes/nfp-ma-application-procedure

DAAD menawarkan juga beasiswa untuk spesialisasi di Jerman tapi biasanya durasi nya sekitar 2 semester. Dan syaratnya adalah di Indonesia sudah menjadi mahasiswa program spesialisasi selama beberapa semester.
Kalau penasaran spesialis di luar negeri, coba aja di Filipina.Banyak yang sudah disana.
Demikian info yang saya tahu, mudah2an dapat sedikit membantu.

Best Regards,

Vita

Kompetensi Lulusan

PERSEPSI MASYARAKAT MUSLIM MEDAN

TERHADAP KOMPETENSI LULUSAN IAIN SUMATERA UTARA DI ERA GLOBALISASI


Sahdin Hsb


The study explains the perception of Muslims in Medan on the competence of graduates of the State Institute for Islamic Studies of North Sumatera (IAIN-SU) in facing the era of globalization. It was found out that the alumni of IAIN-SU had a good understanding of Islamic knowledge including Arabic language. However, they had a low ability in English. Many did not think English important for the alumni of IAIN-SU, though they agreed that English proficiency was needed in facing the market competition in the era of globalization. In terms of morality, the community saw that the alumni of IAIN-SU had good personalities and were religious. Then, the Muslim community in Medan also saw the alumni of IAIN-SU developing their careers as officials in the Department of Religious Affairs and as preachers, teachers, and mosque managers in the communities, even as politicians and activists in political and social organizations.

Term kunci: persepsi, kompetensi, globalisasi


A. Latar Belakang Masalah

Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara (selanjutnya disingkat IAIN SU) dalam usianya 31 tahun lebih, sudah saatnya melakukan evaluasi diri. Di satu sisi IAIN SU sudah banyak mengalami perkembangan dan kemajuan, seperti: sarana atau fasilitas yang semakin memadai, banyaknya dosen yang mempunyai tingkat pendidikan Strata 2 dan Strata 3 (baca Magister dan Doktor). Demikian juga dengan jenjang pendidikan yang diasuh, tidak hanya setingkat Strata 1 dan diploma seperti sebelumnya, tetapi sekarang ini juga mengasuh Program Pascasarjana Strata 2 (jenjang program magister) dan Strata 3 (jenjang program Doktor). Hal ini tentu semakin menambah harapan bagi masyarakat Medan tentang peran dan kontribusi IAIN SU di masa-masa yang akan datang.

Di sisi lain, pada masa akhir-akhir ini masih sering terdengar kritikan dan pertanyaan-pertanyaan, seperti: hendak ke mana dibawa IAIN dengan kurikulum barunya? Pertanyaan ini sebenarnya merupakan penegasan terhadap tujuan IAIN pada awal berdirinya yaitu : "Membentuk sarjana-sarjana Muslim yang berakhlak mulia, beriman dan cakap serta mempunyai kesadaran bertanggungjawab atas kesejahteraan umat dan masa depan bangsa dan negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila".

Dengan kata lain yang harus dihasilkan IAIN adalah sarjana Muslim dan ulama yang pengetahuannya bukan hanya terbatas pada pengetahuan agama saja tetapi juga mencakup pengetahuan umum, dan sekaligus memiliki akhlak dan budi pekerti yang luhur (Nasution, 1995:391). Selain terwujudnya sarjana Islam yang bertaqwa kepada Allah SWT, sarjana yang dilahirkan IAIN SU juga harus memiliki intelektualisme, profesinalisme, dedikasi dan prestasi yang tinggi serta siap dan mampu mengarungi dunia modern yang penuh kompetisi.


B. Ruang Lingkup dan Masalah Penelitian

IAIN SU yang berusia 31 tahun lebih, banyak sudah keberhasilan yang dicapai, berbagai problema telah mampu dipecahkan. Namun, patut disadari bahwa masih banyak lagi harapan yang belum terpenuhi dan sejumlah masalah yang terus menggayuti. Menyadari semua ini sudah sepatutnya semua civitas akademika IAIN SU melakukan introspeksi dan evaluasi diri. Karena itu, fokus masalah penelitian ini adalah bagaimana sebenarnya persepsi masyarakat terhadap kompetensi lulusan IAIN SU di era globalisasi?


C. Tujuan Penelitian

Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat muslim Medan terhadap kompetensi lulusan IAIN SU di era globalisasi


D. Kegunaan Penelitian

Dengan adanya penelitian ini diharapkan berguna untuk :

Dari aspek teoritis, penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi pemikiran bagi pengembangan khazanah keilmuan, khususnya dalam pengembangan Pendidikan Tinggi Islam.

Dari aspek praktis, penelitian ini diharapkan menjadi konstribusi pemikiran dalam merekonstruksi persepsi masyarakat muslim Medan terhadap kompetensi lulusan IAIN dalam menghadapi era globalisasi, bila ternyata ada yang masih negatif agar berubah menjadi lebih positif dan sekaligus menjadi bahan masukan bagi pihak-pihak yang berkepentingan, terutama pimpinan IAIN SU dalam merumuskan Rencana Strategis, program kerja dan kebijakan dalam upaya meningkatkan mutu lulusan IAIN SU dalam menghadapi era globalisasi.


E. Studi Kepustakan

1. Pengertian dan Faktor yang mempengaruhi Persepsi

Persepsi merupakan suatu proses yang didahului oleh penginderaan. Penginderaan adalah merupakan suatu proses diterimanya stimulus oleh individu melalui alat penerima yaitu alat indera. Namun proses itu tidak terhenti disitu saja, pada umumnya stimulus tersebut diteruskan oleh syaraf ke otak sebagai pusat susunan syaraf, dan proses selanjutnya proses persepsi. Karena itu proses persepsi tidak terlepas dari proses penginderaan, dan proses penginderaan merupakan proses yang mendahului terjadinya persepsi (Walgito,1991:53).

Stimulus yang mengenai individu itu kemudian diorganisasikan, diinterpretasikan sehingga individu menyadari tentang apa yang diinderanya itu. Proses inilah yang dimaksud dengan persepsi. Jadi stimulus diterima alat indera, kemudian melalui proses persepsi sesuatu yang diindera tersebut menjadi sesuatu yang berarti setelah diorganisasikan dan diinterpretasikan (Davidoff, LL, 1981:86)

Persepsi pada prinsipnya adalah upaya menafsirkan makna informasi secara inderawi melalui pengalaman tentang obyek, peristiwa atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan (Rakhmat, 1985:64).

Selain itu, persepsi juga merupakan suatu proses yang aktif, dimana yang memegang peranan tidak hanya stimulus, tetapi juga keseluruhan pengalaman-pengalaman, motivasi, sikap yang relevan terhadap stimulus tersebut. Pengalaman dan tingkah laku merupakan satu kesatuan, apa yang dilakukan seseorang tidak terlepas dari caranya mempersepsikan sesuatu dan mengapresiasikannya.

Nampaknya orang memutuskan lebih dulu berapa besar kesukaannya pada orang lain, kemudian memberikan karakteristik kepada mereka untuk mencocokkan gambaran menyenangkan atau tidak menyenangkan (David O. Sears, dkk., 1999:76).

Penilaian seseorang atas orang lain atau obyek tertentu tidak selalu akurat, terutama akan terdapat kesulitan dalam menilai keadaan internal, seperti menilai perasaan, emosi dan kepribadian. Ada dua segi yang bertentangan mengenai pandangan tentang bagaimana orang memproses informasi tentang orang lain, yakni pendekatan belajar yang menyamaratakan informasi secara mekanis dan pendekatan Gestalt yang membuat orang membentuk kesan yang lebih melekat dan berarti.

Persepsi pada prinsipnya dipengaruhi oleh faktor-faktor internal. Selain itu masih ada faktor lain yang dapat mempengaruhi proses persepsi, yaitu faktor stimulus itu berlangsung, dan ini merupakan faktor eksternal. Stimulus dan lingkungan sebagai faktor eksternal dan individu sebagai sebagai faktor internal saling berinteraksi dalam individu melahirkan persepsi (Walgito,1991:54). Agar stimulus dapat dipersepsi, maka stimulus harus cukup kuat, stimulus harus melampaui ambang stimulus, yaitu kekuatan stimulus yang minimal tetapi sudah dapat menimbulkan kesadaran, sudah dapat dipersepsi oleh individu. Kejelasan stimulus akan banyak berpengaruh dalam persepsi.

Oskamp. S (1972) dalam pembahasannya mengenai persepsi sosial, mengemukakan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi dapat dirinci sebagai berikut:

a. Faktor stimuli yang terdiri dari nilai, familiaritas, arti emosional, dan intensitas.

b. Faktor yang berhubungan dengan ciri-ciri khas kepribadian seseorang.

c. Faktor pengaruh kelompok.

d. Faktor perbedaan latar belakang kultural yang menyangkut antara lain: kekayaan bahasa dan pembentukan konsep-konsep serta pengalaman khusus seseorang sebagai anggota kebudayaan tertentu(Walgito,1991:29).

Nilai adalah ciri-ciri dari stimuli, seperti nilai subyek yang mempengaruhi cara stimuli tersebut dipersepsikan. Arti emosional adalah sampai seberapa jauh stimuli tertentu merupakan sesuatu yang mengancam atau yang menyenangkan atau mempengaruhi persepsi orang yang bersangkutan.

Sedangkan familiaritas adalah pengenalan berdasarkan exposure yang berkali-kali dari suatu stimulus yang akan mengakibatkan stimulus tersebut dipersepsikan lebih akurat. Adapun intensitas berhubungan dengan derajat kesadaran seseorang mengenai stimulus tersebut.

Selanjutnya, faktor yang ikut mempengaruhi persepsi menurut Krech dan Crutchfield adalah faktor struktural. Faktor ini banyak berkaitan dengan bahasa non verbal dan sifat-sifat perseptual dalam kognitif dari struktur secara keseluruhan. Selain itu persepsi juga dipengaruhi oleh faktor personal yang terdiri atas; pengalaman, motivasi dan kepribadian (Jalaluddin Rakhmat,1985:1210).

Leathers membuktikan bahwa pengalaman akan membantu seseorang dalam meningkatkan kemampuan persepsi. Pengalaman tidak selalu lewat proses belajar formal, pengalaman bertambah melalui rangkaian peristiwa yang pernah dihadapi (Leather,1976:26).

Dari uraian di atas terlihat bahwa persepsi tidak selalu menggambarkan keadaan yang sebenarnya, tetapi tergantung dari sisi mana dilihat, dan sejauh mana informasi yang dimiliki dan pengalaman-pengalaman tertentu dari seseorang terhadap obyek tertentu. Apalagi yang dilihat itu serba abstrak.

Kerangka Teori

Konsep psikologi mengenai persepsi telah dikembangkan dalam berbagai teori, dan salah satu teori khusus dan cukup berpengaruh dalam kajian ini adalah dalam kajian ini adalah teori atribusi. Teori ini dicetuskan oleh Haider (1958) membahas persepsi seseorang dalam proses menilai khususnya faktor-faktor yang mempengaruhi proses penilaian tersebut, teori ini kemudian dikembangkan untuk memahami hubungan antar pribadi.

Kekhususan teori atribusi ialah ditekannya prinsip kausalitas dalam membahas persepsi seseorang. Teori ini menekankan bahwa orang mempersepsikan tingkah laku orang lain atau obyek tertentu disebabkan oleh sesuatu, dan sebab itu diatribusikan pada kombinasi dari kedua faktor tersebut, jadi tingkah lakunya tergantung dari faktor-faktor di dalam diri seseorang dan faktor di luar dirinya.

Teori atribusi ini kemudian diperinci lebih lanjut oleh Jones dan Davis (1965) daan Bem (1972). Bem dalam Self perception Theory menyatakan bahwa seseorang lebih dahulu mempersepsikan tingkah laku seseorang, kemudian mengadakan inferensi mengenai intensitas berdasarkan tingkah laku tersebut, dan selanjutnya mengadakan inferensi mengenai ciri-ciri khas (traits atau disposition) berdasarkan instensi-intensinya (Sadli11976:74, 78).

4. Globalisasi dan Kompetensi

Kemajuan yang pesat dalam dunia informasi dan taknologi pada dua dasawarsa terakhir telah berpengaruh pada peradapan manusia melebihi jangkauan pemikiran sebelumnya. Pengaruh itu terlihat pada pergeseran tatanan sosial, ekonomi dan politik yang memerlukan keseimbangan baru antara nilai-nilai, pemikiran dan cara-cara kehidupan yang berlaku pada konteks global dan lokal. Globalisasi dan kemajuan infornasi, komunikasi dan teknologi menyebabkan fenomena perkembangan ekonomi berbasis pengetahuan. Pada era pasar bebas, kemampuan bersaing, penguasaan pengetahun dan teknologi, menjadi benteng untuk kemajuan suatu bangsa. Sumber daya alam yang makin terbatas tidak lagi dapat menjadi tumpuan modal karena sumber kesejahteraan suatu bangsa telah bergeser dari modal fisik ke modal intelektual, pengetahuan, sosial kredibilitas. Sifat pengetahuan dan keterampilan yang harus dikuasai oleh masyarakat sangat beragam dan berkualitas, sehingga diperlukan kurikulum yang disertai dengan kemampuan meta kognitif dan kompetensi untuk berpikir bagaimana berpikir dan belajar, bagaimana belajar dalam mengekses, memilih dan menilai pengetahuan serta mengatasi situasi yang tidak pasti.

Kompetensi merupakan pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai dasar yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak secara kompetensi dan terus menerus memungkinkan seseorang menjadi kompeten, dalam arti memiliki pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai dasar untuk melakukan sesuatu (Pusat Kurikulum, Balitbank Dep Diknas: 2002).

Kompetensi ini dikembangkan untuk memberikan keterampilan dan keahlian berdaya saing dan menyesuaikan untuk bertahan hidup dalam perubahan, pertentangan, ketidakpastian dan keerumitan dalam kehidupan.

Sejalan dengan itu, IAIN SU sudah memiliki tekad dan komitmen agar alumni yang dilahirkan haruslah memiliki kualifikasi-kualifikasi tertentu, yaitu: Pertama, mutu intelektualitas sebagai ilmuan yang berpikir rasional dan dewasa dengan pendekatan ilmu yang dimilikinya. Kedua, mutu kepribadian yang terlihat pada akhlak dan kepribadian Islami. Alumni IAIN SU terlepas dari keahliannya harus memiliki akhlak yang terpuji. Status sebagai alumni IAIN SU membuat alumninya tampil beda dengan penekanan akhlak terpuji. Ketiga, mutu keterampilan (skill) yang pada gilirannya akan mempermudah alumni untuk masuk ke berbagai lapangan pekerjaan yang menjadi bidang garapannya. Di samping itu, keahlian komputer minimal dalam level mengoperasikannya juga menjadi kekhasan IAIN SU(Tiga Puluh Tahun IAIN Sumatera Utara, 2003:25).

Dengan kata lain, dalam setiap diri alumni IAIN SU berpadu keahlian teoritik, kemahiran praktis dan keunggulan akhlak. Dengan ketiga bekal ini, idealnya alumni IAIN SU telah memiliki kesiapan untuk memasuki lapangan kerja yang bervariasi.


F. Metodologi Penelitian

Jenis Penelitian

Penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Selain karena pertimbangan praaktis, juga penelitian ini cenderung mendalami kompleksitas dan proses. Selain itu, sebagai dijelaskan oleh Williams yang dikutip Sanafiah Faisal penelitian yang berkaitan dengan mendeskripsikan latar dan interaksi yang kompleks, atau mempersoalkan variabel menurut pandangan dan definisi partisipan lebih tepat dilakukan dengan penelitian kualitatif (Faisal, 1990:22).

2. Sampel dan Informan Penelitian

Yang menjadi objek penelitian ini adalah masyarakat muslim Medan. Mengingat banyaknya jumlah masyarakat muslim Medan yang terdiri dari bermacam-macam latar belakang etnisitas dan kultur, tingkat ekonomi dan status sosial, dan stratifikasi sosial lainnya, peneliti dalam hal ini mengabaikan perbedaan tersebut dan menetapkan kategori (pengelompokan) dari aspek kedekatan sekaligus pelanggan IAIN SU yaitu orangtua mahasiswa/lulusan IAIN SU itu sendiri. Karena sesungguhnya merekalah sebagai pelanggan IAIN SU.

Selain orang tua mahasiswa/lulusan IAIN SU, sampel penelitian ini juga para sarjana lulusan Perguruan Tinggi umum dan Perguruan Tinggi Agama non IAIN SU yang berinteraksi langsung dengan lulusan IAIN SU, baik sebagai mitra kerja atau teman kerja sekantor baik di kantor instansi pemerintah maupun instansi swasta. Cara yang dilakukan untuk penarikan sampel melalui purposive sampling dan snowball sampling.

3. Instrumen Pengumpulan Data

Dalam upaya mengumpulkkan data yang diperlukan dalam penelitian ini selain melalui wawancara secara mendalam (indept interview) juga dilakukan Diskusi Kelompok Terpokus (Fokuced Group Discussion/FGD).

Wawancara mendalam dilakukan dari informan satu ke informan lainnya yang dilakukan sejak Oktober hingga awal Desember 2005. Informasi hasil wawancara dicatat dalam catatan lapangan. Wawancara ini dilakukan secara berkelanjutan dan berulang-ulang. Pengulangan wawancara dilakukan guna melengkapi informasi dan konformasi. Artinya setiap ditemukan adanya informasi dari jawaban pertanyaan, dan kesimpulan-kesimpulan awal yang berkembang senantiasa dikonfirmasi ulang kepada informan. Ini dilakukan untuk memperoleh kepastian dan kevalidan data yang diperoleh atau dengan kata lain cara demikian merupakan bagian dari trianggulasi yang memang disarankan dalam penelitian kualitatif.

Sedangkan Diskusi Kelompok Terfokus (FGD) dilakukan sebagai upaya mengumpulkan data dalam waktu yang singkat serta dapat memperoleh data yang bervariasi. Apalagi melalui FGD memungkinkan terjadinya koreksi informasi, kebenaran informasi yang dikumpul melalui wawancara tidask lagi bersifat subyektif tetapi juga intersubyektif. Melalui FGD juga diharapkan terungkapnya hal-hal baru yang belum diperoleh sebelumnya melalui wawancara.

FGD dilakukan dengan peserta enam orang. Bertindak sebagai moderator dalam FGD tersebut peneliti sendiri. Lama diskusi dilakukan sekitar satu setengah jam (90 menit). Selama diskusi berlangsung, komentar dan pendapat direkam dalam tape recorder.

4. Prosedur penelitian

Prosedur penelitian mencakup beberapa kegiatan sebagai berikut:

Penelitian pendahuluan, Penelitian sesungguhnya di lapangan, Trianggulasi, Kategorisasi dan pengorganisasian data, Auditing, Analisis data.

Untuk trianggulasi dalam penelitian berarti membahas keterhandalan data yang diperoleh selama penelitian, baik cara memperoleh maupun hasil perolehannya. Moleong (1989:195) membedakan empat macam trianggulasi, yaitu a) trianggulasi penggunaan sumber, b) trianggulasi dengan metode, c) trianggulasi dengan penyidik, dan d) trianggulasi dengan teori.

Mengingat keterbatasan penelitian ini baik dari biaya, tenaga, dan waktu peneliti hanya menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Trianggulasi sumber dilakukan dengan cara mengumpulkaan semua informasi yang diperoleh dari beberapa sumber data atau subyek penelitian. Sedangkan trianggulasi dengan metode dilakukan dengan menggunakan lebih dari satu strategi penelitian untuk memperoleh sebuah informasi yang sama.

5. Analisis Data

Analisa data adalah teknik yang digunakan untuk memaknai dan mendapatkan pemahaman dari ratusan atau bahkan ribuan halaman kalimat atau gambaran perilaku yang terdapat dalam catatan lapangan (Bodgan, Robert & Steven J. Taylor, 1975:79).

Analisis data yang digunakan adalah analisis data menurut Miles & Huberman yang dikutip oleh Rustam (2005:14), yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Reduksi data dilakukan secara dua arah dengan Penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penyajian data dilakukan secara dua arah dengan penarikan kesimpulan.


G. Hasil Penelitian dan pembahasan

1. Persepsi Masyarakat Terhadap Lulusan IAIN SU

Berdasarkan hasil wawancara dengan orang tua para mahasiswa/alumni IAIN SU dan Diskusi Kelompok Terfokus (Focuss Discussion Group/FGD) dengan para sarjana muslim yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi (PT) non IAIN SU, diperoleh data sebagai berikut:

Lulusan IAIN SU ahli tentang ajaran-ajaran Islam, menguasai bahasa Aran dan kurang memahami bahasa Inggris.

Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan beberapa orangtua mahasiswa/lulusan IAIN SU hampir 70% berpendapat bahwa lulusan IAIN SU ahli tentang ajaran-ajaran Islam. Setelah melalui wawancara yang mendalam diperoleh keterangan bahwa lulusan IAIN SU menguasai praktek ibadah, memahami hukum-hukum Islam ajaran-ajaran Islam dalam bidang dan aspek yang luas, tidak membeda-bedakan lulusan dari fakultas apa dan program studi apa, namun menurut mereka lulusan IAIN SU mampu menjadi imam sholat, khutbah, memberikan nasehat, ceramah agama, memberikan kata sambutan dalam acara keagamaan dan juga memimpin do’a, membawakan takhtim dan tahlil. Sedikit dari informan yang menyampaikan bahwa lulusan IAIN SU belum mampu menjawab masalah-masalah agama yang diajukan kepadanya, baik masalah aqidah, hukum dan persoalan-persoalan agama dalam aspek yang luas. Ketika data ini dikonfirmasi kepada peserta Diskusi Kelompok Terfokus (Focus Group Discussion, selanjutnya disingkat FGD) dengan pertanyaan apakah lulusan IAIN SU ahli tentang ajaran-ajaran Islam, secara umum (60%) informan membenarkan lulusan IAIN SU ahli ajaran-ajaran Islam dengan pemahaman yang bervariasi sesuai dengan kecenderungan dan jurusan yang dipelajari.

Selain ahli agama, lulusan IAIN SU juga memahami bahasa Arab. Melalui hasil wawancara diperoleh keterangan bahwa sebagian besar (70%) informan berpendapat bahwa lulusan IAIN Sumatera Utara adalah orang-orang yang memahami bahasa Arab dan hanya sebagian kecil (30%) yang berpendapat bahwa lulusan IAIN SU kurang mampu bahasa Arab.

Ketika kemampuan berbahasa Arab lulusan IAIN SU didiskusikan dalam kelompok (FGD) diperoleh ungkapan dari peserta diskusi sebagai berikut: Jika kurang menguasai bahasa Arab akan terasa kurang sempurna dalam menguasai ilmu-ilmu keislaman. Dengan menguasai dan memahami bahasa Arab seseorang akan mampu memahami ajaran-ajaran Islam dari sumber pertama dan utama yaitu Al-Qur’an dan Hadis. Lulusan menurut kami sudah menguasainya, dan amat janggal lulusan IAIN tidak memahami bahasa Arab walaupun tidak untuk bercakap-cakap.

Berbeda halnya dengan apa yang disampaikan tentang kemampuan lulusan IAIN SU dalam berbahasa Arab di atas, umumnya (70 %) informan menyatakan bahwa kemampuan bahasa Inggris lulusan IAIN SU rendah. Bahasa Inggris tidak berkaitan dengan ilmu-ilmu keislaman. Walaupun bahasa Inggris itu dipelajari di IAIN, manfaatnya adalah untuk memudahkan mereka mendapatkan pekerjaan.

Melalui FGD, diungkapkan bahwa kemampuan bahasa Inggris semakin dibutuhkan oleh setiap sarjana termasuk bagi sarjana IAIN SU sendiri. Ke depan, seorang sarjana belum tentu hidup sesuai dengan disiplin ilmu yang dipelajarinya di bangku kuliah, seperti di bagian sensus penduduk (BPS), trainer (pelatih)l, manajer di perusahaan besar. Kemampuan bahasa khususnya bahasa Inggris sangat menopang dalam berbagai dunia pekerjaan.

b. Lulusan IAIN SU Unggul Moral

Para orang tua mahasiswa/lulusan IAIN SU berpendapat bahwa dari aspek moral lulusan IAIN SU lebih unggul dari lulusan perguruan tinggi lainnya. Bila dari dari segi keilmuan masing-masing lulusan Perguruan tinggi mempunyai kompetensi masing-masing, namun dari segi akhlak atau moral lulusan IAIN lebih unggul.


Persepsi Masyarakat Tentang Peran Lulusan IAIN SU di Tengah Masyarakat

a. Lulusan IAIN SU dapat mengembangkan dirinya di tengah-tengah masyarakat (juru dakwah, pengurus masjid, guru agama)

Kehadiran lulusan IAIN SU di tengah-tengah masyarakat muslim Medan sudah dirasakan oleh segenap lapisan masyarakat. Hal ini terlihat dari pendapat informan hampir seluruhnya (90%) menyatakan bahwa lulusan IAIN SU banyak berkiprah di masyarakat sebagai juru dakwah baik yang dilaksanakan di masjid-masjid, pengajian-pengajian ataupun di instansi-instansi pemerintah dan swasta. IAIN SU sudah cukup dikenal di tengah-tengah masyarakat Medan karena aktivitas lulusannya di berbagai kegiatan sosial keagamaan, seperti ceramah-ceramah di pengajian, khutbah di masjid, pengurus masjid, mengajar agama baik di lembaga pendidikan formal (sekolah-sekolah), lembaga pra sekolah (TKA/TPA) maupun guru mengaji (belajar membaca Al-Qur’an dengan berbagai metodenya).

Aktivitas lulusan IAIN SU selama ini sudah nampak jelas dan diakui peranannya sebagai juru dakwah, guru agama, guru mengaji, menjadi imam sholat, baik yang dilaksanakan di masjid-masjid, musholla maupun tempat-tempat lainnya.

Selain itu, lulusan IAIN juga ada yang mengembangkan dirinya melalui politik-legislati (Parpol) terutama Parpol Islam atau partai politik berbasis umat Islam, seperti PPP, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN) dan partai politik lainnya.

3. Lulusan IAIN SU Berkiprah di Ormas Islam

Berkenaan dengan kehadiran lulusan IAIN SU di dalam organisasi-organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam, banyak informan yang menjelaskan bahwa banyak lulusan IAIN SU yang aktif dalam kegiatan organisasi kemasyarakatan keagamaan, seperti ormas NU, Muhammadiyah atau Al-Washliyah dan oramas-ormas lainnya. Hal ini merupakan pengabdian dan partrisipasi luluisan IAIN SU dalam memberikan kontribusinya kepada masyarakat dalam bidang pengabdian, pemberdayaan, advokasi, pembinaan dan bimbingan agar masyarakat dan umat Islam semakin cerdas dan tercerahkan. Melalui organisasi disusun rencana peningkatan kualitas umat, peningkatan ekonomi atau kesejahteraan sebagai kepeduliaan terhadap anggota, simpatisan organisasi. Kemudian dilaksanakan dan direalisasikan berbagai program tersebut di tengah-tengah masyarakat. Hal ini terus menerus dilakukan oleh berbagai ormas Islam. Meskipun hal ini tidak mendatangkan atau menghasilkan uang bagi lulusan IAIN ini merupakan pengabdian dan sekaligus menempa diri untuk berkiprah di dalam berbagai aspek kehidupan

Tantangan Lulusan IAIN SU dalam Era Globalisasi

Sedikitnya peluang dan penerimaan pegawai negeri, hal ini secara tidak langsung peluang lulusan IAIN SU untuk bekerja sangat sedikit. Menurut Machiruddin selain karena kebijakan di tingkat pusat yang tidak memberikan formasi di departemen-departemen lainnya, juga disebabkan kurangnya promosi dan sosialisasi keahlian yang dimiliki lulusan IAIN itu sendiri, baik di tingkat pusat atau antar departemen. Selain itu, menurut Gunawan, kurangnya promosi dan sosialisasi dari IAIN itu sendiri ke berbagai instansi pemerintah maupun dunia swata. Menurutnya, lulusan itu dibutuhkan oleh semua instansi baik instansi pemerintah maupun swasta terutama dalam membimbimbing moral dan spiritual pegawai atau karyawan agar selalu tercerahkan.

Dengan semakin sulitnya lapangan kerja sebagai Pegawai Negeri pada instansi pemerintah, lulusan IAIN SU menurut pendapat para peserta FGD harus mampu membuka lapangan kerja atau wirausaha. Lapangan kerja seperti itu semakin terbuka bagi siapa saja yang memiliki kualitas unggul dan mamiliki semangat mandiri dan berwirausaha.

Hal ini menurut informan masih kurang dimiliki lulusan IAIN SU karena lulusan belum memiliki manajerial skill. Akibatnya lulusan juga belum mampu menangani masalah-masalah sosial, memberdayakan masyarakat dan manangani masalah-masalah sosial keagamaan di era globalisasi.

Demikian juga halnya di perusahaan-perusahaan tidak ada ketentuan yang tidak membolehkan lulusan IAIN diterima di perusahaan. Karena hal itu banyak ditentukan kompetensi seseorang, di perusahaan surat kabar, dan media lainnya dibutuhkan kemampuan atau skill tertentu, yaitu kemampuan jurnalistik, humas dan kompetensi lainnya. Hal ini yang membuat banyak lulusan IAIN SU berkiprah di media surat kabar sebagai wartawan.

Sudah disadari bahwa peluang kerja sebagai pegawai negeri semakin sedikit dan persaingan hidup semakin ketat hampir dalam setiap lini kehidupan. Namun dalam setiap persaingan akan membutuhkan sumber daya manusia yang lebih unggul. Karena itu, lulusan harus membuat tantangan menjadi peluang. Sejauh ini, menurut informan masih banyak lulusan IAIN yang belum mampu menghadapi tantangan. Meskipun dalam kenyataannya sudah banyak lulusan yang bekerja di berbagai instansi non Departemen Agama, seperti TNI, Diknas, legislatif, dan membuka usaha sendiri.

Selain itu, mulai dari masa sekarang ini dan ke depan, masyarakat cenderung semakin materialistik. Adanya pendapat masyarakat yang menyatakan bahwa masyarakat semakin materialistik merupakan tantangan tersendiri bagi lulusan IAIN SU. Sikap materistik sudah mengancam sendi-sendi kehidupan. Ungkap salah seorang peserta FGD. Bahkan masalah-masalah sosial yang ditimbulkannya juga tidak sedikit dan merusak norma-norma sosial dan agama. Karena masyarakat cenderung menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan dan ambisi. Lulusan IAIN SU perlu mengambil peran dalam membina masyarakat yang materialistik menuju masyarakat yang relijius dan sejahtera.

Tantangan lainnya penguasaan bahasa asing terutama bahasa Inggris. Untuk menghadapi era globalisasi lulusan IAIN SU perlu menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris dan bahasa Arab. Hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi lulusan IAIN SU untuk berkiprah ke depan.






H. Kesimpulan

Penelitian ini berupaya untuk menjelaskan persepsi masyarakat muslim Medan terhadap kompetensi lulusan IAIN Sumatera Utara dalam menghadapi era globalisasi. Pertama, menjelaskan kemampuan apa yang dimiliki oleh lulusan IAIN SU setelah menyelesaikan studi di berbagai fakultas atau program studi (Prodi) yang ada di IAIN.

Kedua, masyarakat muslim juga menilai bahwa setelah menyelesaikan studi di IAIN SU, para lulusan IAIN SU dapat mengembangkan dirinya di tengah-tengah masyarakat, ada yang berprofesi sebagai da’i/ muballigh, guru agama, pengurus masjid, bahkan tidak jarang lulusan IAIN bergelut di dunia politik-legislatif (Partai politik) dan organisasi sosial kemasyarakatan.

Ketiga, masyarakat muslim Medan secara umum sependapat bahwa tantangan yang dihadapi adalah terbatasnya instansi pemerintah dan swasta yang menerima lulusan IAIN sebagai tempat bekerja dan menempa karir. Padahal menurut masyarakat muslim tersebut, lulusan IAIN pada dasarnya dibutuhkan pada semua instansi pemerintah dan perusahaan swasta. Memang kenyataannya, sudah banyak instansi atau departemen non Departemen Agama yang dimasuki oleh lulusan IAIN dan juga sudah banyak pula perusahaan tempat bekerja lulusan IAIN SU.


Rekomendasi

Meskipun secara umum persepsi masyarakat muslim Medan dipandang positif terhadap kompetensi lulusan IAIN SU di era globalisasi, dan IAIN SU secara terus menerus berupaya agar pada setiap diri alumninya berpadu keahlian teoritik, kemahiran praktis dan keunggulan akhlak sehingga telah memiliki kesiapan untuk memasuki lapangan kerja yang bervariasi, namun karena lulusannya belum dapat diterima secara luas, maka IAIN SU perlu berupaya mensosialisasikan kompetensi para lulusannya dengan berbagai instansi pemerintah dan dengan berbagai BUMD, BUMN dan perusahaan lainnya.

Selain itu, dengan kompetensi yang dimiliki, IAIN SU dan para lulusannya semakin penting meningkatkan semangat kemandirian dan wirausaha, serta tidak meletakkan harapannya untuk menjadi pegawai negeri.

DAFTAR PUSTAKA

Ali, Fachry. Agama Islam dan Pembangunan, PLP2M, Yogyakarta, 1985.

Al Rasyidin, "IAIN Memasuki Millenium Ketiga, Tinjauan dari Sudut Pemberdayaan Alumni, dalam Miqot, Edisi 98 Januari –Pebruari 1997

Bem, DJ. Self Perception Theori, In L. Berkowitz (ed) Advances in Experimental Social Psychology, Vol. 6 Academic Press, New Yor, 1972

Davidoff, LL., Introduction to Psychology, McGraw Hill Int. Book Company, Tokyo, 1981.

Fachruddin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, IAIN Press, Medan, 2003

Harahap, Syahrin, ,"Revitalisasi Agama Untuk Dunia yang Sedang Berubah", dalam Miqot, Edisi 97 Nop. Des 1996.

Karli, Hilda, 3 H Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bina Media Informasi, Bandung, 2003

Leather, Social Psychology, Grid Publisshing Inc. Columbus, 1976.

Munarji, dkk, "Persepsi Mahasiswa Baru Terhadap STAIN Studi Kasus Kebijakan Untuk Pengembangan STAIN Tulungagung Ke Depan", dalam Jurnal Dinamika Penelitian, Vol. 2 No.1 Juli Th. 2002

Nasution, Harun, Islam Rasional Gagasan dan Pemikiran, Mizan , Bandung, 1995

Nasution, M. Yasir, IAIN Sumatera Utara 2001, Pidato Rektor pada Upacara Dies Natalis XXVIII IAIN Sumatera Utara, 26 Desember 2001.

Rakhmat, Jalaluddin, Islam Alternatif, Mizan, Bandung, 1989

Sadli, Saparinah, Persepsi Sosial Mengenai Perilaku Menyimpang, Bulan Bintang, Jakarta, 1976.

Tim Penyusun, Tiga Puluh Tahun IAIN Sumatera Utara, IAIN Press, Medan, 2003

Walgito, Bimo., Psikologi Sosial, Andi Offset, Yogyakarta, 1991.


Penulis: Dosen Fakultas Dakwah IAIN Sumatera Utara, menyelesaikan S2 di IAIN Sumatera Utara.

Beasiswa Pemerintah Cina S1 S2 S3

Pemerintah China (Cina) akan memberikan penawaran menarik berupa beasiswa untuk pelajar/mahasiswa asal Indonesia yang akan melanjutkan pendidikannya baik jenjang sarjana (S1), pasca sarjana (S2 dan S3) dan mahasiswa yang ingin belajar bahasa mandarin atau bahasa Cina.

Di luar program bahasa Cina, bidang studi yang ditawarkan adalah: sains, teknologi, agronomi, teknik, ekonomi, hukum, manajemen, pendidikan, sejarah, budaya dan filosofi

Beasiswa yang ditawarkan mencakup biaya pendaftaran, biaya kuliah, biaya eksperimen, biaya hidup, asuransi dan tiket kereta dari pelabuhan. Tiket pesawat ditanggung oleh masing-masing mahasiswa.

Untuk informasi lebih lanjut dan formulir pendaftaran dapat dikirimkan ke :

Official Address of China Scholarship Council
A3 Building 2, No.9 Chegongzhuang Street , Beijing 100044, P.R. China
Tel : 0086-10-88393619
Fax : 0086-10-88393620
E-mail : laihua@csc.edu.cn
www.csc.edu.cn

Beasiswa Paramadina 2008 2009

“…Universitas Paramadina bersama para dermawan Indonesia mendukung siswa-siswi SLTA meraih masa depan gemilang melalui program Beasiswa Paramadina…”

Beasiswa diberikan kepada siswa dan lulusan SMA/sederajat yang memiliki potensi akademis maupun non akademis:

Paramadina Fellowship Kategori I (untuk 80 siswa):
bernilai Rp. 65 juta, meliputi biaya sekolah dan uang buku selama 4 tahun.

Paramadina Fellowship Kategori II (untuk 20 siswa):
Bernilai sebesar Rp. 100 juta, meliputi biaya sekolah, uang buku dan biaya hidup sebesar Rp. 1 juta per bulan, selama 4 tahun, khusus untuk calon mahasiswa yang berdomisili dan dari SMA di luar Jabodetabek.

Persyaratan:

Nilai rata-rata NEM/STTB atau rapor kelas I, II, III min. 7.50
Termasuk 10 siswa atau lulusan terbaik dikelas selama 3 (tiga) semester
Usia maksimal pada 1 Januari 2008 adalah 22 tahun
Aktif dalam kegiatan organisasi intra dan ekstra sekolah
Prioritas diberikan kepada pendaftar yang berasal dari keluarga kurang mampu
Keterangan Tambahan:

Para Mahasiswa akan mendapatkan peluang magang dan training oleh donor
Fellowship berlaku untuk seluruh program yang ada di Universitas Paramadina
Aplikasi dan persyaratan pendaftaran bias dilihat di www.paramadina.ac.id
Tanggal pengiriman aplikasi pendaftaran : 12 April 2008
Download formulir pendaftaran disini
Hubungi: Maya / Erma
Jl. Gatot subroto kav.97
Mampang, Jakarta 12790
Tel: 021-7918 11 88 ext.888, 211
Fax: 021-799 33 75
SMS: 081599181188
E-Mail: fellowship@paramadina.ac.id
Website: www.paramadina.ac.id

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL), STANDAR KOMPETENSI (SK)

1
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL),
STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH ALIIYAH
A. Latar Belakang
Dalam era globalisasi, perkembangan teknologi komunikasi yang sangat cepat
menjadikan jarak bukan suatu hambatan untuk mendapatkan informasi dari berbagai penjuru
dunia. Oleh karena itu bahasa asing selain bahasa Inggris menjadi penting. Dengan demikian
semakin jelas bahwa penguasaan bahasa asing selain bahasa Inggris, dalam hal ini bahasa
Arab, merupakan hal yang sangat mendesak. Banyak informasi ilmu pengetahuan baik di
bidang teknik, ilmu-ilmu murni, ekonomi, psikologi maupun seni bersumber dari buku-buku
berbahasa Arab. Selain itu bahasa Arab merupakan sarana komunikasi dalam pengembangan
dunia pariwisata dan bisnis.
Bahasa bukan hanya sebagai suatu bidang kajian, melainkan sebagai faktor sentral
dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik. Penguasaan Bahasa
Arab menjadi persyaratan penting bagi keberhasilan individu dalam menjawab tantangan
zaman di era globalisasi. Pembelajaran Bahasa Arab secara formal di madrasah merupakan
sarana utama bagi peserta didik untuk menguasai bahasa Arab. Hal ini dimaksudkan agar
peserta didik dapat merespon secara proaktif berbagai perkembangan informasi, ilmu
pengetahuan dan teknologi.
Melalui pembelajaran bahasa Arab dapat dikembangkan keterampilan peserta didik
dalam berkomunikasi lisan dan tulisan untuk memahami dan menyampaikan informasi, pikiran,
dan perasaan. Dengan demikian mata pelajaran bahasa Arab diperlukan untuk
pengembangan diri peserta didik agar mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi warga
negara yang cerdas, terampil, dan berkepribadian Indonesia, dapat mengembangkan ilmu
pengetahuan, teknologi, dan budaya serta siap mengambil bagian dalam pembangunan
nasional.
Mata pelajaran Bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk
mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina kemampuan serta menumbuhkan
sikap positif terhadap Bahasa Arab baik reseptif maupun produktif. Kemampuan reseptif yaitu
kemampuan untuk memahami pembicaraan orang lain dan memahami bacaan. Kemampuan
produktif yaitu kemampuan menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi baik secara lisan
maupun secara tertulis. Kemampuan berbahasa Arab serta sikap positif terhadap bahasa Arab
tersebut sangat penting dalam membantu memahami sumber ajaran Islam yaitu al-Qur’an dan
Hadits, serta kitab-kitab berbahasa Arab yang berkenaan dengan Islam bagi peserta didik.
Untuk itu, bahasa Arab di Madrasah dipersiapkan untuk pencapaian kompetensi dasar
berbahasa, yang mencakup empat keterampilan berbahasa yang diajarkan secara integral,
yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Meskipun begitu, pada tingkat pendidikan
dasar (elementary) dititikberatkan pada kecakapan menyimak dan berbicara sebagai landasan
berbahasa. Pada tingkat pendidikan menengah (intermediate), keempat kecakapan berbahasa
diajarkan secara seimbang. Sedangkan pada tingkat pendidikan lanjut (advanced)
dikonsentrasikan pada kecakapan membaca dan menulis, sehingga peserta didik diharapkan
mampu mengakses berbagai referensi berbahasa Arab.
2
B. Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Arab memiliki tujuan sebagai berikut .
1. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun
tulisan, yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’),
berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).
2. Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya Bahasa Arab sebagai salah satu
bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumbersumber
ajaran Islam.
3. Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya
serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian peserta didik diharapkan
memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.
C. Ruang Lingkup
Mata pelajaran bahasa Arab di madrasah Aliyah terdiri atas bahan yang berupa
wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan, kehidupan
keluarga, hobi, pekerjaan, problematika remaja, kesehatan, fasilitas umum, pariwisata, kisahkisah
Islam, wawasan Islam, dunia global dan tokoh-tokoh Islam.
D. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
1. Menyimak
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan, kehidupan
keluarga, hobi, pekerjaan, remaja dan problematikanya, kesehatan, fasilitas umum,
pariwisata, kisah-kisah Islam, wawasan Islam, dunia global dan tokoh-tokoh Islam.
2. Berbicara
Mengungkapkan secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan,
kehidupan keluarga, hobi, pekerjaan, problematika remaja, kesehatan, fasilitas umum,
pariwisata, kisah-kisah Islam, wawasan Islam, dunia global dan tokoh-tokoh Islam
3. Membaca
Membaca dan memahami makna wacana tertulis paparan atau dialog tentang perkenalan,
kehidupan keluarga, hobi, pekerjaan, problematika remaja, kesehatan, fasilitas umum,
pariwisata, kisah-kisah Islam, wawasan Islam, dunia global dan tokoh-tokoh Islam.
4. Menulis
Mengungkapkan secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan, kehidupan keluarga,
hobi, pekerjaan, problematika remaja, kesehatan, fasilitas umum, pariwisata, kisah-kisah Islam, wawasan
Islam, dunia global dan tokoh-tokoh Islam.
3
E. SK DAN KD BAHASA ARAB MA
Kelas X, Semester 1
SK KD
1. Menyimak
Memahami informasi lisan berbentuk
paparan atau dialog tentang perkenalan
serta kehidupan keluarga dengan struktur
kalimat yang tepat dan benar
1.1. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan tentang
perkenalan secara tepat
1.2. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan tentang kehidupan
keluarga secara tepat
2. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan
berbentuk paparan atau dialog tentang
perkenalan serta kehidupan keluarga
dengan struktur kalimat yang tepa dan
benart
2.1 Melakukan tegur sapa dan menyampaikan
ucapan-ucapan selamat dengan lancar
2.2 Melakukan dialog tentang kehidupan keluarga
dengan lancar
3. Membaca
Memahami wacana tulis berbentuk paparan
atau dialog tentang perkenalan serta
kehidupan keluarga dengan struktur kalimat
yang tepat dan benar
3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat
dan wacana tulis dengan benar
3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara
tepat
3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis tentang perkenalan dengan benar
3.4 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis tentang kehidupan keluarga dengan benar
4. Menulis
Mengungkapkan informasi secara tertulis
berbentuk paparan atau dialog tentang
perkenalan serta kehidupan keluarga
dengan struktur kalimat yang tepat dan
benar
4.1 Menulis kata, frasa, dan kalimat dengan huruf,
ejaan dan tanda baca yang tepat
4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat tentang perkenalan
dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur
yang benar
4.3 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat tentang kehidupan keluarga
dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur
yang benar
Keterangan
Tema Perkenalan menggunakan struktur kalimat النكرة
والمعرفة
Tema Kehidupan Keluarga menggunakan struktur kalimat
المبتداء والخبر
4
Kelas X, Semester 2
5. Menyimak
Memahami informasi lisan berbentuk
paparan atau dialog tentang hobi dan
pekerjaan dengan struktur kalimat yang
benar dan tepat
5.1 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan tentang hobi
secara tepat
5.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan tentang pekerjaan
secara tepat
6. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan
berbentuk paparan atau dialog tentang hobi
dan pekerjaan dengan struktur kalimat
yang benar dan tepat
6.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara
lisan tentang hobi dengan lafal yang tepat
6.2 Melakukan dialog tentang hobi dengan lancar dan
tepat
6.3 Melakukan dialog tentang pekerjaan dengan
lancar dan tepat
7. Membaca
Memahami wacana tertulis berbentuk
paparan atau dialog tentang hobi dan
pekerjaan dengan struktur kalimat yang
benar dan tepat
7.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat
dan wacana tulis dengan benar
7.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara
tepat dan benar
7.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis tentang tentang hobi dengan tepat
7.4 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis tentang tentang pekerjaan dengan tepat
8. Menulis
Mengungkapkan informasi secara tertulis
berbentuk paparan atau dialog tentang hobi
dan pekerjaan dengan struktur kalimat
yang benar dan tepat
8.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf,
ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar
8.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat tentang hobi dengan
menggunakan kata, frasa, dan struktur yang
benar
8.3 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat tentang pekerjaan dengan
menggunakan kata, frasa, dan struktur yang
benar
Keterangan
Tema Perkenalan menggunakan struktur kalimat بعض
حروف الجر ومعانيها الكثيرة الورود
Tema Kehidupan Keluarga menggunakan struktur
kalimat العطف
5
Kelas XI, Semester 1
1. Menyimak
Memahami informasi lisan berbentuk
paparan atau dialog tentang remaja dan
problematikanya serta kesehatan dengan
struktur kalimat yang tepat dan benar
1.1. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan tentang remaja
dan problematikanya secara tepat
1.2. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan tentang kesehatan
secara tepat
2. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan
berbentuk paparan atau dialog tentang
remaja dan problematikanya serta
kesehatan dengan struktur kalimat yang
tepat dan benar
2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara
lisan tentang remaja dan problematikanya dengan
lafal yang tepat
2.2 Melakukan dialog tentang remaja dan
problematikanya serta kesehatan dengan lancar
2.3 Melakukan dialog tentang kesehatan dengan
lancar
3. Membaca
Memahami wacana tulis berbentuk
paparan atau dialog tentang remaja dan
problematikanya serta kesehatan dengan
struktur kalimat yang tepat dan benar
3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat
dan wacana tulis dengan benar
3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara
tepat
3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis tentang remaja dan problematikanya serta
kesehatan secara tepat
3.4 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis tentang kesehatan secara tepat
4. Menulis
Mengungkapkan informasi secara tertulis
berbentuk paparan atau dialog tentang
remaja dan problematikanya serta
kesehatan dengan struktur kalimat yang
tepat dan benar
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf,
ejaan dan tanda baca yang tepat
4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat tentang remaja dan
problematikanya dengan menggunakan kata,
frasa, dan struktur yang benar
4.3 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat tentang kesehatan dengan
menggunakan kata, frasa, dan struktur yang
benar
Keterangan
Tema Remaja dan Problematikanya menggunakan
struktur kalimat النعت والمنعوت
Tema Kesehatan menggunakan struktur kalimat
الإضافة
6
Kelas XI, Semester 2
5. Mendengar
Memahami informasi lisan berbentuk paparan
atau dialog tentang fasilitas umum dan
pariwisata dengan struktur kalimat yang tepat
dan benar
5.1. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan tentang fasilitas
umum secara tepat
5.2. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan tentang pariwisata
secara tepat
6. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan
berbentuk paparan atau dialog tentang
fasilitas umum dan pariwisata dengan struktur
kalimat yang tepat dan benar
6.1. Menyampaikan gagasan atau pendapat secara
lisan tentang fasilitas umum dengan lafal yang
tepat
6.2. Menyampaikan gagasan atau pendapat secara
lisan tentang pariwisata dengan lafal yang tepat
6.3. Melakukan dialog tentang fasilitas umum dengan
lancar
6.4. Melakukan dialog tentang pariwisata dengan
lancar
7. Membaca
Memahami wacana tulis berbentuk paparan
atau dialog tentang fasilitas umum dan
pariwisata dengan struktur kalimat yang tepat
dan benar
7.1. Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat
dan wacana tulis secara tepat dan benar
7.2. Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara
tepat dan benar
7.3. Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis tentang fasilitas umum secara tepat
7.4. Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis tentang pariwisata secara tepat
8. Menulis
Mengungkapkan informasi secara tertulis
berbentuk paparan atau dialog tentang
fasilitas umum dan pariwisata dengan struktur
kalimat yang tepat dan benar
8.1. Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf,
ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar
8.2. Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat tentang fasilitas umum
8.3. Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat tentang pariwisata
8.4. Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis tentang fasilitas umum secara tepat dan
benar dengan menggunakan kata, frasa, dan
struktur yang benar
8.5. Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat tentang pariwisata dengan
menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar
Keterangan
Tema Fasilitas Umum menggunakan pola kalimat جملة
فعلية dengan bentuk kata لازم ومتعد
Tema Pariwisata menggunakan pola kalimat جملة
فعلية dengan bentuk kata مجرد ومزيد
7
Kelas XII, Semester 1
1. Menyimak
Memahami informasi lisan berbentuk paparan
atau dialog tentang kebudayaan dan tokohtokoh
Islam dengan struktur yang tepat dan
benar
1.1. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan tentang wawasan
Islam secara tepat
1.2. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan tentang tokoh-tokoh
Islam secara tepat
2. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan
berbentuk paparan atau dialog tentang
kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam dengan
struktur yang tepat dan benar
2.1. Menyampaikan gagasan atau pendapat secara
lisan tentang wawasan Islam dengan lafal yang
tepat
2.2. Menyampaikan gagasan atau pendapat secara
lisan tentang tokoh-tokoh Islam dengan lafal yang
tepat
2.3. Melakukan dialog tentang wawasan Islam
dengan lancar
2.4. Melakukan dialog tentang tokoh-tokoh Islam
dengan lancar
3. Membaca
Memahami wacana tulis berbentuk paparan
atau dialog tentang kebudayaan dan tokohtokoh
Islam dengan struktur yang tepat dan
benar
4.1. Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan
wacana tulis dengan benar
4.2. Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara
tepat dan benar
4.3. Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis tentang wawasan Islam secara tepat
4.4. Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis tentang tokoh-tokoh Islam secara tepat
4. Menulis
Mengungkapkan informasi secara tertulis
berbentuk paparan atau dialog tentang
kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam dengan
struktur yang tepat dan benar
4.5. Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf,
ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar
4.6. Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat tentang kebudayaan
Iislam dengan menggunakan kata, frasa, dan
struktur yang benar
4.7. Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat tentang tokoh-tokoh Islam
dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur
yang benar
Keterangan
Tema menggunakan struktur kalimat الفعل المضارع
المنصوب
Tema menggunakan struktur kalimat الفعل المضارع ازوم
8
Kelas XII, Semester 2
5. Menyimak
Memahami informasi lisan berbentuk paparan
atau dialog tentang dunia global dan kisahkisah
Islami dengan struktur kalimat yang
tepat dan benar
5.1. Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau
kalimat ) dalam suatu konteks dengan
mencocokkan dan membedakan secara tepat dan
benar
5.2. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan tentang dunia
global secara tepat
5.3. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan tentang kisahkisah
Islami secara tepat
6. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan
berbentuk paparan atau dialog tentang dunia
global dan kisah-kisah Islami dengan struktur
kalimat yang tepat dan benar
6.5. Menyampaikan gagasan atau pendapat secara
lisan tentang dunia global dengan lafal yang tepat
6.6. Menyampaikan gagasan atau pendapat secara
lisan tentang kisah-kisah Islam dengan lafal yang
tepat
6.7. Melakukan dialog tentang dunia global dengan
lancar
6.8. Melakukan dialog tentang kisah-kisah Islami
dengan lancar
7. Membaca
Memahami wacana secara lisan dan tulis
berbentuk paparan atau dialog tentang dunia
global dan kisah-kisah Islami dengan struktur
kalimat yang tepat dan benar
7.5. Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat
dan wacana tulis dengan tepat dan benar
7.6. Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara
tepat dan benar
7.7. Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis tentang dunia global
7.8. Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis tentang kisah-kisah Islami
8. Menulis
Mengungkapkan informasi secara tertulis
berbentuk paparan atau dialog tentang dunia
global dan kisah-kisah Islami dengan struktur
kalimat yang tepat dan benar
8.6. Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf,
ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar
8.7. Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat tentang dunia global
dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur
yang benar
8.8. Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat tentang kisah-kisah islami
dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur
yang benar
Keterangan
Tema Dunia global menggunakan struktur kalimat
رفع الأسماء
Tema menggunakan struktur kalimat نصب الأسماء
9

Beasiswa Program Studi Hubungan Internasional Universitas Wahid Hasyim

Berikut Informasi program beasiswa untuk Program Studi Hubungan Internasional di Universitas Wahid Hasyim Semarang. Sahabat Ansor, warga Nahdhliyyin yang memiliki sanak saudara, santri dan lain-lain yang berminat dapat mendaftarkan diri.

Berikut Petikan Surat Edaran dari Universitas Wahid Hasyim Semarang:
Nomor : 055 /PPMB/Unwahas/VII/2008 Semarang, 16- 7-2008
Lamp. : Brosur dll.
Perihal : BEASISWA PENUH Program Studi Hubungan Internasional

Kepada
Yth. Para Lulusan SMA/ SMK/ MA/ MAK
Di Jawa Tengah

Assalamu ’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dalam rangka peringatan 63 tahun Indonesia Merdeka dan Dies Natalis Sewindu (8 Tahun) Universitas Wahid Hasyim, Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wahid Hasyim bekerja sama dengan mitra kerjasama dalam dan luar negeri menyediakan BEASISWA PENDIDIKAN SARJANA (BPS) Program Studi Ilmu Hubungan Internasional tahun akademik 2008/ 2009 dengan ketentuan sebagai berikut:



Beasiswa Penuh meliputi seluruh biaya kuliah (meliputi SPP, SKS, SPI) sampai lulus (3,5- 4 tahun).
Beasiswa dikhususkan untuk kuliah program reguler bagi para lulusan SMA/SMK/ MA/MAK semua angkatan
Pendaftaran dilakukan dengan mengisi form pengajuan beasiswa dan membayar biaya pendaftaran dan seleksi (sesuai ketentuan universitas) Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah)
Pendaftaran ditutup pada 30 Agustus 2008 Jam 14.00
Seleksi wawancara akan dilakukan pada 1 September 2008 mulai Jam 10.00 di Kampus Unwahas Jln. Menoreh Tengah X/ 22 Sampangan Semarang
Pemohon akan lebih dipertimbangkan jika hafal al Qur’an (hafidz/hafidzoh), siswa berprestasi (akademik/ olah raga/ seni), serta pengurus dan warga NU di semua tingkatan
Hal- hal yang menguatkan bisa dilampirkan dalam berkas pendaftaran (syahadah hifdzul qur’an, piagam, rekomendasi, dll)
Disediakan asrama/ Pesantren Mahasiswa Luhur Wahid Hasyim
Hal- hal lain yang belum tercantum di dalam brosur terlampir serta informasi lebih lanjut bisa menghubungi Dra. Hj. Ismiyatun, M.Si (08122531512) atau A. Sururi, SIP, M.Si (08174169430). Form permohonan beasiswa juga bisa diperoleh melalui email: andhi_unwahas@yahoo.co.id atau diandiunwahas.blogspot.com.
Pengiriman permohonan bisa dilakukan melaui pos dengan dilampiri bukti copy transfer biaya pendaftaran An. Andi Purwono Tabungan Bima Bank Jateng Kantor Cabang Pembantu Sampangan Nomor Rekening: 2-053-04899-4.

Wassalamu ‘alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Ketua Panitia PMB Unwahas,

ttd

Andi Purwono, S.IP., M.Si
NPP: 04.01.1.0048
Tembusan:
1.Rektor Universitas Wahid Hasyim sebagai laporan
2.Arsip

Monday, September 1, 2008

Penerima beasiswa IIEF

TANYA

Alhamdulillah saya baru saja dinyatakan ditetapkan sebagai calon penerima beasiswa IIEF dan saat ini menunggu surat dan jadwal pendidikan bahasa inggris dan budaya. namun ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan sehubungan dengan hal tersebut:
1. Apakah beasiswa tersebut dapat dibatalkan oleh pihak IIEF? Apa kategorinya pembatalan tersebut?
2. Apakah pendidikan bahasa inggris yang kabarnya dilaksanakan di Jakarta, dapat dipindahkan ke yogyakarta karena suami saya saat ini sedang berada di Yogya.
3. Apakah kita dapat mengajukan permohonan pengunduran jadwal studi setahun saja, karena saat ini saya memiliki bayi. Bagimana caranya?
4. Saya berencana kuliah di Leiden belanda jurusan kajian budaya, adakah yang mengetahui teknis pendaftaran bagi penerima beasiswa? apakah harus ada terlebih dahulu surat rekomendasi dari profesor setempat baru bisa mendaftarkan diri di universitas leiden?

terima kasih

JAWAB

hi
Saran saya sebaiknya ditanyakan ke pihak IIEF. Ford foundation biasanya
cukup fleksibel, apalagi mengingat anda punya bayi. Soal kursus bahasa
Inggris, saya justru baru tahu kalau harus dilakukan di jakarta (di menara
imperium?) perasaan saya dulu dilakukan di negara tempat kita akan studi.
Untuk pendaftaran ke belanda, setau saya harus kita sendiri yang mendaftar.
Coba buka websitenya, pasti ada petunjuknya, kalau bingung hubungi profesor
disana atau NESO di jakarta
AA

Dear

Congratulations yah
Selamat sekali lg buat prestasimu mendapatkan beasiswa IFP itu. ALhamdulillah saya juga salah satu penerima beasiswa tersebut dan saat ini saya sedang study di University Of Hawaii untuk bidang Public Health. Mengenai pendidikan bahasa Inggris memang di syaratkan harus di Jakarta dan tidak bisa dipindahkan ke laen tempat seperti Jogja karta. Ini juga termasuk pengalaman saya dulu yg minta pendidikan bahasa di Bali tetapi pihak IIEF tidak menyetujui dan saya harus menjalaninya selama 6 bulan di UI (bukan di menara imperium). Lalu mengenai pendaftaran ke universitas itu semua menjado tanggung jawab sepenuhnya pihak IIEF. Nanti kita dikasih 4 pilihan universitas. Sebagai gambaran aja kalau anda pengen study ke belanda berarti region yang anda bisa ambil cum a belanda, UK, dan incountry/in region (Ausie dan asia). Dalam hal ini anda tidak diperkenankan mencamtumkan salah satu pilihan universitas tujuan anda di USA.
Demikian, jika anda ada pertanyaan lagi silahkan hubungi saya di yudianto_didik@yahoo.com
Dengan senang hati saya akan bantu and.

Regards
Didik Yudianto

NFP Masters Degree Programme List for 2009

Dear All,
maaf jika sebelumnya mungkin pertanyaan serupa pernah ditanyakan (jika demikian, mohon bantuan moderator untuk tidak memunculkan email saya di milis dan berkenan untuk membantu merujuk saya kepada email serupa sebelumnya). Saya mencoba searching NFP Master's Degree Programme List for 2009, namun tidak berhasil menemukannya. Apakah ada teman-teman yang memilikinya dan berkenan untuk sharing ke saya via japri? Atau mungkin memberikan informasi berupa link yang bisa diakses untuk mendapatkan dokumen tersebut? (saya sudah mencoba beberapa link, namun tidak bisa diakses dan sepertinya juga bukan link yang tepat).

Terima kasih banyak atas bantuan teman-teman.
Salam hangat,

Mirisa Hasfaria

JAWAB

Yth Mirisa Hasfaria,

Apakah ini yang dimaksud?

http://www.nuffic.nl/nederlandse-organisaties/services/capacity-building/nfp/nfp-masters-degree-programme

Regards,
Nicholas Mario Wardhana

Indonesian Students in Australia, EYESIA

Dengan tim yang saat ini semuanya adalah penerima beasiswa di Australia,
Eyesia edisi perdana telah hadir.. mencoba memotret "views of Indonesian Students in Australia"
Silakan berkunjung, EYESIA

Salam hangat,
Rifki

Dear Bapak/Ibu/teman/ saudara/relasi/ kenalan semua,
Salam hormat.
Pertama-tama, mohon maaf kalau email massal ini sedikit mengganggu (maaf juga untuk yang sudah tahu dari milis/sumber lain). Kami dari tim “Project Eyes” sekadar ingin berbagi kabar, sekaligus mengundang kenalan kami semua, untuk berkunjung ke news website kita (students di Australia) yang baru saja dibuka ini.
Walaupun bukan sesuatu yang spesial barangkali, dan mungkin masih banyak kekurangannya (terutama dalam bahasa Inggris, gaya & standar tulisan, maupun tata rubrik atau malah konsepnya sendiri), kami cukup berbahagia dengan hasil pertama “proyek idealis” ini, karena lontaran idenya sendiri baru kurang lebih sebulan yang lalu, berlanjut dengan mencari anggota tim (volunteers) selama sekitar dua minggu, sosialisasi & diskusi ide/konten beberapa hari, kumpul beberapa bahan sekitar seminggu, plus semingguan deadline – semua lewat jalur online (tanpa temu muka) & di sela-sela kesibukan padat masing-masing.
So, bagaimanapun hasilnya saat ini (yang tentu akan terus kami revisi & perbaiki), silakan, kunjungi website yang diberi nama Eyesia ini (www.eyesia.co.cc). Silakan juga beri komentar, masukan, kritik, atau feedback apapun. Itu akan sangat berharga, dan kami tentu berterima kasih sekali.
Demikian dulu, sekali lagi maaf, dan terima kasih. Have a nice day.
Salam,

The "Project Eyes" Team

Notes:
-Saat ini, web ini (dengan tema utama berganti-ganti) rencananya akan di-update dua minggu sekali.
-Bagi rekan students di Australia, redaksi menerima kiriman berita, artikel, maupun opini, atau sekedar info untuk ditindaklanjuti & dipublikasikan di web ini.
-Tim redaksi juga masih membuka kesempatan bagi beberapa rekan students yang berminat gabung, khususnya dari kota Sydney (atau NSW), Canberra/ACT, Adelaide/SA, Perth/WA, Darwin/NT, Brisbane/QLD, dan Tasmania (1-2 orang masing-masing daerah). Silakan kontak kami (with personal details) untuk membicarakannya.