Tuesday, September 2, 2008

ADS bagi PNS dosen harus via uni?

TANYA

dear milister,

setahu saya, untuk apply ADS, PNS dosen harus mengirimkan berkasnya
melalui universitas. Katanya, kalau tidak melalui uni (mengirim berkas
sendiri langsung ke ADS) berkasnya langsung disingkirkan. Mungkin ada
penerima ADS yang punya pengalaman, mengirimkan berkasnya tidak
melalui universitas, mohon sharing dong...

saya sudah telat nih masukin berkas ke uni. sudah tutup. tp deadline
ADS kan msh dua minggu lagi....

thnks a lot jawabannya....

nana'


JAWAB

Nana,
Memang peraturan dosen pns harus apply via uni. Dulu pertama kali saya apply
ads dgn status dosen tanpa via uni memang langsung ditolak. Tahun berikutnya
saya apply lewat uni, dan deadlinenya memang tidak mengikuti deadline ADS.
Utk UI dulu 1 bulan sebelum ADS karena dari tingkat universitas harus
diteruskan ke DIKTI, karena nanti semua dosen PTN akan berkompetisi antar
dosen PTN saja. Dikti punya kuota utk ADS kalau dulu 40 orang, jadi nanti yg
terpilih adalah 40 kandidat terbaik dari semua dosen PTN yg mendaftar. Dulu
saya tidak tahu ada aturan 1 bulan sebelum ADS. Untung saya waktu itu karena
semua dokumen sudah siap saya langsung masukkan dokumen ke tingkat rektorat
(dilengkapi dgn surat sakti dari dekan dengan instruksi khusus harus ketemu
dgn siapa di rektorat).

Lain kali lebih baik berkas selalu siap sedia, begitu ada info beasiswa G to
G buka, ambil formulir langsung daftar. Birokrasi DIKTI dan universitas
sering lambat, dulu seringkali beasiswa sudah lewat masa pendaftaran,
informasinya baru turun ke tingkat fakultas. Makanya harus rajin memantau
milis
AA

No comments: