Tuesday, September 2, 2008

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL), STANDAR KOMPETENSI (SK)

1
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL),
STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH ALIIYAH
A. Latar Belakang
Dalam era globalisasi, perkembangan teknologi komunikasi yang sangat cepat
menjadikan jarak bukan suatu hambatan untuk mendapatkan informasi dari berbagai penjuru
dunia. Oleh karena itu bahasa asing selain bahasa Inggris menjadi penting. Dengan demikian
semakin jelas bahwa penguasaan bahasa asing selain bahasa Inggris, dalam hal ini bahasa
Arab, merupakan hal yang sangat mendesak. Banyak informasi ilmu pengetahuan baik di
bidang teknik, ilmu-ilmu murni, ekonomi, psikologi maupun seni bersumber dari buku-buku
berbahasa Arab. Selain itu bahasa Arab merupakan sarana komunikasi dalam pengembangan
dunia pariwisata dan bisnis.
Bahasa bukan hanya sebagai suatu bidang kajian, melainkan sebagai faktor sentral
dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik. Penguasaan Bahasa
Arab menjadi persyaratan penting bagi keberhasilan individu dalam menjawab tantangan
zaman di era globalisasi. Pembelajaran Bahasa Arab secara formal di madrasah merupakan
sarana utama bagi peserta didik untuk menguasai bahasa Arab. Hal ini dimaksudkan agar
peserta didik dapat merespon secara proaktif berbagai perkembangan informasi, ilmu
pengetahuan dan teknologi.
Melalui pembelajaran bahasa Arab dapat dikembangkan keterampilan peserta didik
dalam berkomunikasi lisan dan tulisan untuk memahami dan menyampaikan informasi, pikiran,
dan perasaan. Dengan demikian mata pelajaran bahasa Arab diperlukan untuk
pengembangan diri peserta didik agar mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi warga
negara yang cerdas, terampil, dan berkepribadian Indonesia, dapat mengembangkan ilmu
pengetahuan, teknologi, dan budaya serta siap mengambil bagian dalam pembangunan
nasional.
Mata pelajaran Bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk
mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina kemampuan serta menumbuhkan
sikap positif terhadap Bahasa Arab baik reseptif maupun produktif. Kemampuan reseptif yaitu
kemampuan untuk memahami pembicaraan orang lain dan memahami bacaan. Kemampuan
produktif yaitu kemampuan menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi baik secara lisan
maupun secara tertulis. Kemampuan berbahasa Arab serta sikap positif terhadap bahasa Arab
tersebut sangat penting dalam membantu memahami sumber ajaran Islam yaitu al-Qur’an dan
Hadits, serta kitab-kitab berbahasa Arab yang berkenaan dengan Islam bagi peserta didik.
Untuk itu, bahasa Arab di Madrasah dipersiapkan untuk pencapaian kompetensi dasar
berbahasa, yang mencakup empat keterampilan berbahasa yang diajarkan secara integral,
yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Meskipun begitu, pada tingkat pendidikan
dasar (elementary) dititikberatkan pada kecakapan menyimak dan berbicara sebagai landasan
berbahasa. Pada tingkat pendidikan menengah (intermediate), keempat kecakapan berbahasa
diajarkan secara seimbang. Sedangkan pada tingkat pendidikan lanjut (advanced)
dikonsentrasikan pada kecakapan membaca dan menulis, sehingga peserta didik diharapkan
mampu mengakses berbagai referensi berbahasa Arab.
2
B. Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Arab memiliki tujuan sebagai berikut .
1. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun
tulisan, yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’),
berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).
2. Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya Bahasa Arab sebagai salah satu
bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumbersumber
ajaran Islam.
3. Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya
serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian peserta didik diharapkan
memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.
C. Ruang Lingkup
Mata pelajaran bahasa Arab di madrasah Aliyah terdiri atas bahan yang berupa
wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan, kehidupan
keluarga, hobi, pekerjaan, problematika remaja, kesehatan, fasilitas umum, pariwisata, kisahkisah
Islam, wawasan Islam, dunia global dan tokoh-tokoh Islam.
D. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
1. Menyimak
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan, kehidupan
keluarga, hobi, pekerjaan, remaja dan problematikanya, kesehatan, fasilitas umum,
pariwisata, kisah-kisah Islam, wawasan Islam, dunia global dan tokoh-tokoh Islam.
2. Berbicara
Mengungkapkan secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan,
kehidupan keluarga, hobi, pekerjaan, problematika remaja, kesehatan, fasilitas umum,
pariwisata, kisah-kisah Islam, wawasan Islam, dunia global dan tokoh-tokoh Islam
3. Membaca
Membaca dan memahami makna wacana tertulis paparan atau dialog tentang perkenalan,
kehidupan keluarga, hobi, pekerjaan, problematika remaja, kesehatan, fasilitas umum,
pariwisata, kisah-kisah Islam, wawasan Islam, dunia global dan tokoh-tokoh Islam.
4. Menulis
Mengungkapkan secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan, kehidupan keluarga,
hobi, pekerjaan, problematika remaja, kesehatan, fasilitas umum, pariwisata, kisah-kisah Islam, wawasan
Islam, dunia global dan tokoh-tokoh Islam.
3
E. SK DAN KD BAHASA ARAB MA
Kelas X, Semester 1
SK KD
1. Menyimak
Memahami informasi lisan berbentuk
paparan atau dialog tentang perkenalan
serta kehidupan keluarga dengan struktur
kalimat yang tepat dan benar
1.1. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan tentang
perkenalan secara tepat
1.2. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan tentang kehidupan
keluarga secara tepat
2. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan
berbentuk paparan atau dialog tentang
perkenalan serta kehidupan keluarga
dengan struktur kalimat yang tepa dan
benart
2.1 Melakukan tegur sapa dan menyampaikan
ucapan-ucapan selamat dengan lancar
2.2 Melakukan dialog tentang kehidupan keluarga
dengan lancar
3. Membaca
Memahami wacana tulis berbentuk paparan
atau dialog tentang perkenalan serta
kehidupan keluarga dengan struktur kalimat
yang tepat dan benar
3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat
dan wacana tulis dengan benar
3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara
tepat
3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis tentang perkenalan dengan benar
3.4 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis tentang kehidupan keluarga dengan benar
4. Menulis
Mengungkapkan informasi secara tertulis
berbentuk paparan atau dialog tentang
perkenalan serta kehidupan keluarga
dengan struktur kalimat yang tepat dan
benar
4.1 Menulis kata, frasa, dan kalimat dengan huruf,
ejaan dan tanda baca yang tepat
4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat tentang perkenalan
dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur
yang benar
4.3 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat tentang kehidupan keluarga
dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur
yang benar
Keterangan
Tema Perkenalan menggunakan struktur kalimat النكرة
والمعرفة
Tema Kehidupan Keluarga menggunakan struktur kalimat
المبتداء والخبر
4
Kelas X, Semester 2
5. Menyimak
Memahami informasi lisan berbentuk
paparan atau dialog tentang hobi dan
pekerjaan dengan struktur kalimat yang
benar dan tepat
5.1 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan tentang hobi
secara tepat
5.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan tentang pekerjaan
secara tepat
6. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan
berbentuk paparan atau dialog tentang hobi
dan pekerjaan dengan struktur kalimat
yang benar dan tepat
6.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara
lisan tentang hobi dengan lafal yang tepat
6.2 Melakukan dialog tentang hobi dengan lancar dan
tepat
6.3 Melakukan dialog tentang pekerjaan dengan
lancar dan tepat
7. Membaca
Memahami wacana tertulis berbentuk
paparan atau dialog tentang hobi dan
pekerjaan dengan struktur kalimat yang
benar dan tepat
7.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat
dan wacana tulis dengan benar
7.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara
tepat dan benar
7.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis tentang tentang hobi dengan tepat
7.4 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis tentang tentang pekerjaan dengan tepat
8. Menulis
Mengungkapkan informasi secara tertulis
berbentuk paparan atau dialog tentang hobi
dan pekerjaan dengan struktur kalimat
yang benar dan tepat
8.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf,
ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar
8.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat tentang hobi dengan
menggunakan kata, frasa, dan struktur yang
benar
8.3 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat tentang pekerjaan dengan
menggunakan kata, frasa, dan struktur yang
benar
Keterangan
Tema Perkenalan menggunakan struktur kalimat بعض
حروف الجر ومعانيها الكثيرة الورود
Tema Kehidupan Keluarga menggunakan struktur
kalimat العطف
5
Kelas XI, Semester 1
1. Menyimak
Memahami informasi lisan berbentuk
paparan atau dialog tentang remaja dan
problematikanya serta kesehatan dengan
struktur kalimat yang tepat dan benar
1.1. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan tentang remaja
dan problematikanya secara tepat
1.2. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan tentang kesehatan
secara tepat
2. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan
berbentuk paparan atau dialog tentang
remaja dan problematikanya serta
kesehatan dengan struktur kalimat yang
tepat dan benar
2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara
lisan tentang remaja dan problematikanya dengan
lafal yang tepat
2.2 Melakukan dialog tentang remaja dan
problematikanya serta kesehatan dengan lancar
2.3 Melakukan dialog tentang kesehatan dengan
lancar
3. Membaca
Memahami wacana tulis berbentuk
paparan atau dialog tentang remaja dan
problematikanya serta kesehatan dengan
struktur kalimat yang tepat dan benar
3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat
dan wacana tulis dengan benar
3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara
tepat
3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis tentang remaja dan problematikanya serta
kesehatan secara tepat
3.4 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis tentang kesehatan secara tepat
4. Menulis
Mengungkapkan informasi secara tertulis
berbentuk paparan atau dialog tentang
remaja dan problematikanya serta
kesehatan dengan struktur kalimat yang
tepat dan benar
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf,
ejaan dan tanda baca yang tepat
4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat tentang remaja dan
problematikanya dengan menggunakan kata,
frasa, dan struktur yang benar
4.3 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat tentang kesehatan dengan
menggunakan kata, frasa, dan struktur yang
benar
Keterangan
Tema Remaja dan Problematikanya menggunakan
struktur kalimat النعت والمنعوت
Tema Kesehatan menggunakan struktur kalimat
الإضافة
6
Kelas XI, Semester 2
5. Mendengar
Memahami informasi lisan berbentuk paparan
atau dialog tentang fasilitas umum dan
pariwisata dengan struktur kalimat yang tepat
dan benar
5.1. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan tentang fasilitas
umum secara tepat
5.2. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan tentang pariwisata
secara tepat
6. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan
berbentuk paparan atau dialog tentang
fasilitas umum dan pariwisata dengan struktur
kalimat yang tepat dan benar
6.1. Menyampaikan gagasan atau pendapat secara
lisan tentang fasilitas umum dengan lafal yang
tepat
6.2. Menyampaikan gagasan atau pendapat secara
lisan tentang pariwisata dengan lafal yang tepat
6.3. Melakukan dialog tentang fasilitas umum dengan
lancar
6.4. Melakukan dialog tentang pariwisata dengan
lancar
7. Membaca
Memahami wacana tulis berbentuk paparan
atau dialog tentang fasilitas umum dan
pariwisata dengan struktur kalimat yang tepat
dan benar
7.1. Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat
dan wacana tulis secara tepat dan benar
7.2. Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara
tepat dan benar
7.3. Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis tentang fasilitas umum secara tepat
7.4. Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis tentang pariwisata secara tepat
8. Menulis
Mengungkapkan informasi secara tertulis
berbentuk paparan atau dialog tentang
fasilitas umum dan pariwisata dengan struktur
kalimat yang tepat dan benar
8.1. Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf,
ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar
8.2. Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat tentang fasilitas umum
8.3. Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat tentang pariwisata
8.4. Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis tentang fasilitas umum secara tepat dan
benar dengan menggunakan kata, frasa, dan
struktur yang benar
8.5. Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat tentang pariwisata dengan
menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar
Keterangan
Tema Fasilitas Umum menggunakan pola kalimat جملة
فعلية dengan bentuk kata لازم ومتعد
Tema Pariwisata menggunakan pola kalimat جملة
فعلية dengan bentuk kata مجرد ومزيد
7
Kelas XII, Semester 1
1. Menyimak
Memahami informasi lisan berbentuk paparan
atau dialog tentang kebudayaan dan tokohtokoh
Islam dengan struktur yang tepat dan
benar
1.1. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan tentang wawasan
Islam secara tepat
1.2. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan tentang tokoh-tokoh
Islam secara tepat
2. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan
berbentuk paparan atau dialog tentang
kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam dengan
struktur yang tepat dan benar
2.1. Menyampaikan gagasan atau pendapat secara
lisan tentang wawasan Islam dengan lafal yang
tepat
2.2. Menyampaikan gagasan atau pendapat secara
lisan tentang tokoh-tokoh Islam dengan lafal yang
tepat
2.3. Melakukan dialog tentang wawasan Islam
dengan lancar
2.4. Melakukan dialog tentang tokoh-tokoh Islam
dengan lancar
3. Membaca
Memahami wacana tulis berbentuk paparan
atau dialog tentang kebudayaan dan tokohtokoh
Islam dengan struktur yang tepat dan
benar
4.1. Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan
wacana tulis dengan benar
4.2. Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara
tepat dan benar
4.3. Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis tentang wawasan Islam secara tepat
4.4. Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis tentang tokoh-tokoh Islam secara tepat
4. Menulis
Mengungkapkan informasi secara tertulis
berbentuk paparan atau dialog tentang
kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam dengan
struktur yang tepat dan benar
4.5. Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf,
ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar
4.6. Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat tentang kebudayaan
Iislam dengan menggunakan kata, frasa, dan
struktur yang benar
4.7. Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat tentang tokoh-tokoh Islam
dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur
yang benar
Keterangan
Tema menggunakan struktur kalimat الفعل المضارع
المنصوب
Tema menggunakan struktur kalimat الفعل المضارع ازوم
8
Kelas XII, Semester 2
5. Menyimak
Memahami informasi lisan berbentuk paparan
atau dialog tentang dunia global dan kisahkisah
Islami dengan struktur kalimat yang
tepat dan benar
5.1. Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau
kalimat ) dalam suatu konteks dengan
mencocokkan dan membedakan secara tepat dan
benar
5.2. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan tentang dunia
global secara tepat
5.3. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan tentang kisahkisah
Islami secara tepat
6. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan
berbentuk paparan atau dialog tentang dunia
global dan kisah-kisah Islami dengan struktur
kalimat yang tepat dan benar
6.5. Menyampaikan gagasan atau pendapat secara
lisan tentang dunia global dengan lafal yang tepat
6.6. Menyampaikan gagasan atau pendapat secara
lisan tentang kisah-kisah Islam dengan lafal yang
tepat
6.7. Melakukan dialog tentang dunia global dengan
lancar
6.8. Melakukan dialog tentang kisah-kisah Islami
dengan lancar
7. Membaca
Memahami wacana secara lisan dan tulis
berbentuk paparan atau dialog tentang dunia
global dan kisah-kisah Islami dengan struktur
kalimat yang tepat dan benar
7.5. Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat
dan wacana tulis dengan tepat dan benar
7.6. Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara
tepat dan benar
7.7. Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis tentang dunia global
7.8. Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis tentang kisah-kisah Islami
8. Menulis
Mengungkapkan informasi secara tertulis
berbentuk paparan atau dialog tentang dunia
global dan kisah-kisah Islami dengan struktur
kalimat yang tepat dan benar
8.6. Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf,
ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar
8.7. Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat tentang dunia global
dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur
yang benar
8.8. Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat tentang kisah-kisah islami
dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur
yang benar
Keterangan
Tema Dunia global menggunakan struktur kalimat
رفع الأسماء
Tema menggunakan struktur kalimat نصب الأسماء
9

No comments: