Thursday, July 31, 2008

Bea Siswa S2 S3 Departemen Komunikasi dan Informatika

PENGUMUMAN



Diberitahukan, bahwa Departemen Komunikasi dan Informatika pada tahun anggaran 2008 menawarkan bea siswa kepada pegawai untuk program Strata 2 dan Strata 3, sehubungan dengan hal tersebut dapat kami sampaikan sebagai berikut :

PROGRAM BEA SISWA DALAM NEGERI
NO. PROGRAM PUSAT DIKLAT PEGAWAI
1. Strata 2 (S2) 7 (tujuh) orang
2. Strata 3 (S3) 3 (tiga) orang
JUMLAH 10 orang

Isian formulir pendaftaran beserta kelengkapan persyaratan sudah diterima oleh Biro Kepegawaian dan Organisasi Depkominfo Jl. Medan Merdeka Barat No. 9 Lantai 7 Jakarta Pusat Telp./Fax. 021 – 3865189 atau 3440858 selambat-lambatnya tanggal 15 Mei 2008.

Demikian disampaikan, untuk dapat segera diumumkan masing-masing unit kerja, atas perhatian saudara diucapkan terima kasih.




ASHWIN SASONGKO















DEPARTEMEN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
BIRO KEPEGAWAIAN DAN ORGANISASI
PUSAT DIKLAT PEGAWAI



INFORMASI PROGRAM BEASISWA BAGI PEGAWAI DEPARTEMEN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA TAHUN 2008


A. PROGRAM BEASISWA YANG DITAWARKAN :

a. Anggaran Beasiswa adalah DIPA Departemen Komunikasi dan Informatika Sekretariat Jenderal Pusat Pendidikan Dan Latihan Pegawai.

b. Program S2 Dalam Negeri 4 (empat) semester: Peserta dapat memilih salah satu Program Studi di Universitas Dalam Negeri yang di rekomendasikan oleh Biro Kepegawaian & Organisasi dan Pusat Diklat Pegawai. Kapasitas yang ditawarkan 7 (tujuh) orang.

c. Program S3 Dalam Negeri 6 (enam) semester : Peserta dapat memilih salah satu Program Studi di Universitas Dalam Negeri yang di rekomendasikan oleh Biro Kepegawaian & Organisasi dan Pusat Diklat Pegawai. Kapasitas yang ditawarkan 3 (tiga) orang.

d. Jumlah Beasiswa yang dianggarkan DIPA Sekretariat Jenderal Departemen Komunikasi dan Informatika adalah sebagai berikut :


NO. PROGRAM JUMLAH
(orang)
1. S2 7
2. S3 3
JUMLAH 10








B. PILIHAN PROGRAM STUDI DAN UNIVERSITAS

1. UNIVERSITAS DALAM NEGERI

NO UNIVERSITAS BIDANG STUDI KETERANGAN

1.
Universitas Indonesia (UI)
1. Akuntansi
2. Teknik Elektro
3. Ilmu Komputer
4. Ilmu Hukum
5. Administrasi
6. Ilmu Komunikasi
7. Ilmu Politik
8. Ilmu Ekonomi
9. Manajemen
10. Hub. Internasional
11. Sosiologi
12. Teknologi Informasi
13. Perencanaan & Kebijakan Publik
14. Ilmu Pengetahuan Budaya
15. Tehnik Sipil (Manajemen Proyek)

S2
S2, S3
S2, S3
S2, S3
S2, S3
S2, S3
S2, S3
S2, S3
S2, S3
S2
S2, S3
S2
S2

S3

S2

2.
Institut Teknologi Bandung (ITB)

1. Tehnik Elektro
(arus lemah)

S2, S3


3.
Universitas Padjadjaran (UNPAD)
1. Ilmu Hukum
2. Manajemen
3. Ilmu Ekonomi

4. Ilmu Komunikasi
5. Ilmu Sosial Politik
S2, S3
S2, S3
S2
S2
S2, S3

4.

Universitas Gajah Mada (UGM)
1. Ilmu Komputer
2. Tehnik Elektro
(arus lemah)
3. Tehnologi Informatika
4. Manajemen Sistem Informatika
5. Akuntansi
6. Ekonomi & Studi Pembangunan
7. Hukum
8. Komunikasi
9. Hub. Internasional
10. Psikologi
11. Sosiologi
S2, S3
S2, S3

S2, S3
S2, S3

S2, S3
S2, S3

S2, S3
S2, S3
S2, S3
S2, S3
S2, S3


5.

Institut Pertanian Bogor (IPB)
1. Ilmu Komputer
2. Teknologi Informasi
S2
S2


6.
Universitas Sumatera Utara (USU)
1. Akuntansi
2. Ilmu Hukum
3. Manajemen
S2
S2, S3
S2


7.
Universitas Diponegoro (UNDIP)
1. Akuntansi
2. Ilmu Hukum
3. Administrasi
4. Manajemen
S2, S3
S2, S3
S2, S3
S2, S3


8.
Universitas Airlangga (UNAIR)
1. Akuntansi
2. Ilmu Hukum
3. Pengembangan SDM
S2, S3
S2, S3
S2, S3


9.
Universitas Brawidjaja (UNIBRAW)
1. Akuntansi
2. Ilmu Hukum
3. Sosiologi
4. Tehnik Elektro
5. Ilmu Ekonomi
S2, S3
S2, S3
S2, S3
S2, S3
S2, S3


10.
Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS)
1. Tehnik Elektro
(arus lemah)
2. Manajemen Tehnologi
S2

S2


11.
Universitas Hasanuddin (UNHAS)
1. Tehnik Elektro
(arus lemah)
2. Ilmu Hukum
3. Administrasi
4. Ilmu Komunikasi
5. Manajemen
6. Sosiologi
7. Ilmu Ekonomi
S2, S3

S2, S3
S2, S3
S2, S3
S2, S3
S2, S3
S2, S3

12
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara
1. Ilmu Administrasi Negara
2. Manajemen Sumber Daya Aparatur

S2

S2

13
Sekolah Tinggi Telekomunikasi (STT)
1. Teknik Elektro
(arus lemah)
2. Teknik Informatika
S2

S2


Catatan : apabila terdapat jenjang/program studi yang belum tercantum di dalam daftar di atas (di dalam kolom Keterangan) dapat menghubungi Biro Kepegawaian dan Organisasi dan Pusat Diklat Pegawai untuk mendapatkan persetujuan.


C. PERSYARATAN CALON PESERTA :

1. Umum

a. PNS Departemen Komunikasi dan Informatika Pusat maupun Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Departemen Komunikasi dan Informatika.
b. Usia Maksimal 45 tahun terhitung bulan Juni 2008
c. PNS dengan pangkat minimal III/b untuk S2 dan III/c untuk S3;
d. Sehat Jasmani dan Rohani.
e. Tidak sedang mendapatkan fasilitas beasiswa dari pihak lain.
f. Mengikuti ketentuan dan aturan yang telah ditetapkan oleh Departemen Komunikasi dan Informatika.
g. Lulus Seleksi Administrasi.
h. Mengisi formulir pendaftaran .

2. Khusus

a. Lulusan S1 bagi calon peserta program S2 atau lulusan S2 bagi pelamar program S3.
b. Memiliki IPK minimal 2,75 untuk program S2
c. Memiliki IPK minimal 3,0 untuk program S3
d. TOEFL Institusional untuk S2 minimal 475, dan untuk S3 500
e. Memilih 1 (satu) universitas dan 1 (satu) bidang studi yang telah ditentukan.
f. Bersedia mengikuti program studi di Perguruan Tinggi Indonesia yang telah ditetapkan oleh Departemen Komunikasi dan Informatika.
g. Membuat tulisan yang berisikan alasan memilih bidang studi, manfaat yang diperoleh Unit Kerja setelah mengikuti pendidikan. Tulisan minimal 1 lembar halaman kuarto 2 spasi antara lain berisi :

Paragraf 1 : Latar belakang pendidikan sebelumnya S1 untuk yang bermaksud mengambil S2 dan S2 untuk mereka yang bermaksud mengambil S3.

Paragraf 2 : Riwayat pekerjaan atau pengalaman kerja yang berisikan uraian tugas dan fungsi pokok pekerjaan sehari-hari.

Paragraf 3 : Alasan memilih bidang studi yang diinginkan serta dikaitkan dengan latar belakang pendidikan sebelumnya dan dengan tugas dan fungsi pokok pekerjaan sehari-hari.

Paragraf 4 : Rencana tindak atau action plan yang akan dilakukan setelah mendapat gelar pendidikan yang lebih tinggi (S2 dan S3) dikaitkan dengan tugas dan fungsi pokok pekerjaannya serta dampaknya terhadap kinerja instansi asal pada khususnya dan terhadap negara ini pada umumnya.

D. TATA CARA PENDAFTARAN

a. Mereka yang berhak melamar program beasiswa Depkominfo adalah mereka yang memenuhi persyaratan sebagaimana tercantum pada point C.

b. Biro Kepegawaian & Organisasi dan Pusat Diklat Pegawai mengirimkan Surat Pemberitahuan kepada setiap satuan kerja Depkominfo Pusat dan Daerah beserta formulir pendaftaran.

c. Bagi pelamar yang berminat untuk mengikuti program S2 dan S3 Universitas Dalam Negeri dapat mengirimkan formulir pendaftaran yang sudah diisi dan diketahui oleh Pimpinan Unit Kerja dengan melampirkan tulisan alasan pemilihan bidang studi sesuai dengan poin C angka 2 huruf g

d. Formulir Pendaftaran dapat dikirimkan melalui Faximile dan selambat-lambatnya tanggal 15 Mei 2008 dengan melampirkan fotocopy ijazah S1/S2, IPK dan TOEFL, sedangkan Formulir Pendaftaran Asli dikirimkan selambat-lambatnya tanggal 20 Mei 2008 ke alamat Biro Kepegawaian dan Organisasi, Departemen Komunikasi dan Informatika Jl. Medan Merdeka Barat Nomor 9 Jakarta Pusat 10110.

e. Kelengkapan persyaratan sebagaimana tersebut di bawah ini dapat dikirimkan setelah calon peserta yang bersangkutan lulus tes masuk Universitas yang dipilih.
Persyaratan :
1) Daftar Riwayat Hidup/Pekerjaan
2) Fotocopy SK Pengangkatan PNS/CPNS
3) Fotocopy SK Kenaikan Pangkat Terakhir
4) Fotocopy SK Jabatan dan Pelantikan
5) Fotocopy DP3 1 Tahun terakhir
6) Fotocopy Ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh Pejabat berwenang.
7) Daftar riwayat hidup
8) Pas foto ukuran 3 x 4 = 4 lembar dan 4 X 6 = 4 lembar
9) Surat Keterangan Dokter Berbadan Sehat ;
10) Surat persetujuan dari pimpinan Unit Kerja

f. Setelah Pendaftaran ditutup, Biro Kepegawaian dan Organisasi dan Pusat Diklat Pegawai Depkominfo akan menyeleksi berdasarkan kriteria tersebut di atas dan akan menyusun daftar rangking. Dan apabila yang lulus seleksi administrasi melebihi kapasitas yang ada, akan diadakan Tes Potensi Akademik (TPA) untuk mendapatkan jumlah sesuai dengan kapasitas yang tersedia. Segera setelah seleksi dilakukan, Biro Kepegawaian dan Organisasi dan Pusat Diklat Pegawai Depkominfo akan mengumumkan peserta yang berhak mengikuti tes masuk perguruan tinggi yang dipilih.

g. Calon Penerima beasiswa yang telah lulus seleksi administratif, segera mendaftarkan diri untuk tes masuk Perguruan Tinggi dan wajib melaporkan hasil tes dengan melampirkan Bukti Kelulusan selambat-lambatnya 3 (tiga) hari sejak dikeluarkannya pengumuman kelulusan dari Universitas yang bersangkutan.


h. Biro Kepegawaian dan Organisasi dan Pusat Diklat Pegawai Depkominfo berdasarkan bukti kelulusan sebagaimana tersebut pada huruf g di atas, segera menindaklanjuti dengan teknis administrasi program beasiswa dimaksud.

i. Calon penerima beasiswa wajib menandatangani Surat Pernyataan dan Surat Perjanjian yang telah disediakan apabila telah diterima di Universitas yang bersangkutan;

j. Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Sdr. SAVIA DEWI KOMALA, SH Biro Kepegawaian dan Organisasi, Telpon 021-3865189 dan Sdr. SUYONO Pusat Diklat Pegawai Telpon 021-5482390.











E. JADWAL SELEKSI

NO KEGIATAN TANGGAL KETERANGAN

1
Surat Edaran/ Pemberitahuan
01 Meil 2008

-

2
Batas akhir Pendaftaran
15 Mei 2008

-

3
Seleksi Administrasi Calon Penerima Beasiswa
15 s.d 25 Mei 2008
Panitia Seleksi

4
Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi
30 Mei 2008
Pengumuman akan diedarkan ke setiap Satuan Kerja dan website Depkominfo, www.depkominfo.go.id

Calon peserta yang lulus seleksi administrasi mendaftar langsung ke Universitas yang disetujui / dipilih


6
Tes Akademik dari Universitas Dalam Negeri yang disetujui/dipilih
Juni - Agustus ( tentatif )
Bagi peserta yang lulus seleksi dan lulus Tes Akademis universitas segera melaporkan kepada Biro Kepegawaian dan organisasi dengan melampirkan tanda bukti lulus dari universitas selambat-lambatnya 3 (tiga) hari kerja sejak tanggal pengumuman dari universitas.






F. KOMPONEN BIAYA BEASISWA

a. Pembiayaan Beasiswa S2 dan S3 adalah DIPA Sekretariat Jenderal Pusat Diklat Pegawai Departemen Komunikasi dan Informatika.

b. Komponen biaya yang menjadi beban DIPA Sekretariat Jenderal Pusat Diklat Pegawai calon penerima beasiswa antara lain :
a). Biaya Pendidikan
b). Biaya Hidup;
c). Biaya Bantuan Buku;

G. SANKSI

a. Jika dalam hal tertentu peserta yang telah diterima dan atau telah memperoleh beasiswa memutuskan untuk mengundurkan diri dari program ini secara sepihak, maka berdasarkan perjanjian Peserta harus mengganti seluruh biaya yang telah dikeluarkan oleh Pusat Diklat Pegawai sejak proses seleksi hingga tanggal keputusan pembatalan kepada negara.

b. Peserta akan dikenakan sanksi bila dalam proses seleksi, penempatan, atau selama mengikuti pendidikan diketemukan ketidaksesuaian dalam permohonan/data sesuai dengan kriteria seleksi yang tercantum dalam buku informasi ini.

c. Sanksi yang dimaksud di atas dapat berupa :
1. Pembatalan pencalonan beasiswa.
2. Pembatalan pemberian beasiswa dan penggantian biaya seleksi jika diketahui dalam proses penempatan.
3. Pembatalan studi dan penggantian biaya yang telah dikeluarkan oleh Pusat Diklat Pegawai atas nama peserta sejak proses seleksi hingga tanggal keputusan pembatalan beasiswa kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara, jika diketahui selama diklat.


Jakarta, April 2008.

KEPALA PUSAT DIKLAT PEGAWAI KEPALA BIRO KEPEGAWAIAN & ORGANISASI





Drs. ISA ANSHARY, MSc DRA. SRI WURYATMI, MM
NIP. 050022686 NIP. 050012431



FORMULIR PENDAFTARAN
PROGRAM BEASISWA BAGI PEGAWAI
DEPARTEMEN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA TAHUN 2008

PROGRAM PILIHAN
NO PROGRAM BIDANG STUDI UNIVERSITAS
1 S 2
2 S 3

1. NAMA LENGKAP : ……………………………………………………………
2. NIP : ……………………………………………………………
3. JENIS KELAMIN : Lk/ Pr *)
4. AGAMA : ……………………………………………………………
5. TEMPAT/ TGL. LAHIR : ……………………………………………………………
6. PENDIDIKAN /IPK : ……………………………………………/……………
7. NILAI TOEFL : ……………………………………………………………
(INSTITUSIONAL)
8. PANGKAT/GOLONGAN : ……………………………………………………………
9. NO.SK PANGKAT : ……………………………………………/……………
TERAKHIR (TMT)
10. NO.SERTIFIKAT TANDA : …………………………………………………………..
LULUS PENYESUAIAN IJAZAH
11. JABATAN : ……………………………………………………………
12. UNIT KERJA : ……………………………………………………………

10. ALAMAT KANTOR : ……………………………………………………………
………………………………… Kode Pos : ……………
Telp/Fax : ……………………………………………….
11. ALAMAT RUMAH : ……………………………………………………………
…………………………………Kode Pos : ……………
Telp/HP : ……………………………………………….
Demikian Formulir Pendaftaran ini saya isi dengan sebenar-benarnya, apabila dikemudian hari ternyata informasi yang saya berikan ini tidak benar maka saya bersedia dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
MENGETAHUI/MENYETUJUI : Jakarta, Mei 2008
Atasan Langsung Calon Peserta, Calon Peserta,

Materai Rp. 6000

NIP. : …………………………. NIP. : ………………………….

Keterangan :
Melampirkan tulisan alasan pemilihan bidang studi sesuai dengan poin C angka 2 huruf g, IPK dan TOEFL.

No comments: