Tuesday, July 29, 2008

Informasi Pendaftaran Calon Mahasiswa PPS UM 2008 2009

PENDAFTARAN CALON MHS. BARU PPS UM TAHUN 2008/2009
PROGRAM MAGISTER (S2) PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
(Program Khusus)
A. LATAR BELAKANG
Program S2 Pendidikan Bahasa Indonesia dimaksudkan untuk memberi peluang bagi guru dan dosen Pendidikan Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kualitas professional akademik dengan mengikuti kuliah regular di PPS Universitas Negeri Malang (UM).
Sigi awal menunjukkan bahwa ada kecenderungan guru dan dosen Pendidikan Bahasa Indonesia yang bermaksud melanjutkan studi pada jenjang S2 Pendidikan Bahasa Indonesia terhambat karena harus meninggalkan tugas rutinnya sebagai guru di lapangan. Untuk menyiasati keadaan itu, dirancanglah perkuliahan khusus agar guru dan dosen Pendidikan Bahasa Indonesia dapat melanjutkan studi pada jenjang S2 dengan tidak terlalu banyak meninggalkan tugasnya sebagai guru atau dosen. Kuliah itu dilakukan di PPS Universitas Negeri Malang dengan penjadwalan khusus yang diatur bersama.

B. KEGIATAN

Kegiatan Prapasca
Sebelum mengikuti perkuliahan atau kegiatan akademik lainnya, setiap calon mahasiswa program Magister wajib mengikuti kegiatan prapasca, yang dilaksanakan selama 2 minggu.

Masa dan Beban Studi
Program Magister direncanakan dapat ditempuh dalam 4 (empat) semester, dengan beban studi keseluruhan 38 (tiga puluh delapan) sks, termasuk tesis. Batas maksimum masa studi adalah 5 (lima) tahun.

Syarat-syarat Mengikuti Program Magister
a. Lulus Program Sarjana (S1) atau pendidikan sarjana lama IKIP atau Universitas yang ijazahnya diakui oleh Depdiknas atau yang memiliki tingkat akreditasi yang dikehendaki.
b. Memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan program studi Pendidikan Bahasa Indonesia.
d. Memiliki ketekunan, keuletan, dan semangat kerja yang tinggi, serta sehat jasmani dan rohani.
e. Lulus ujian saringan/tes masuk PPS UM.

C. STAF PENGAJAR

Staf Pengajar PSSJ Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, antara lain (1) Prof. Dr. Suparno, (2) Prof. Dr. Imam Syafi’ie, (3) Prof. Dr. Abdul Syukur Ibrahim, (4) Prof. Dr. Ah. Rofi’uddin, M.Pd, (5) Dr. Abdul Syukur Ghazali, M.Pd, (6) Dr. Nurhadi, M.Pd, (7) Dr. Maryaeni, M.Pd, (8) Dr. Dawud, M.Pd, (9) Dr. Mudjianto, M.Pd, dan (10) Dr. Djoko Saryono, M.Pd

D. PENDAFTARAN

Pendaftaran calon mahasiswa dimulai sekarang s.d. 28 Juli 2008 dengan cara:
(1) Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran yang tersedia di PPS UM; (2) Menyerahkan fotokopi ijazah S1 yang telah dilegalisasi; (3) menyerahkan Surat Keterangan kesehatan yang menyatakan bahwa calon mampu mengikuti pendidikan; (4) Menyerahkan dua lembar pas foto hitam putih ukuran 3 x 4 cm; dan (5) Menyerahkan bukti pembayaran biaya pendaftaran Rp. 250.000,- yang dibayarkan langsung atau melalui pos wesel ke PPS UM.
Bila diperlukan pendaftaran gelombang II akan dibuka.
Down Load Formulir Pendaftaran (zip.file)

E. BIAYA PENDIDIKAN

1. Biaya Program Prapasca Rp 1.250.000,00 (satu kali)
2. Biaya Sumbangan Pembinaan Sarana Akademik (SPSA) Rp 3.000.000,00 (satu kali)
3. SPP tiap semester Rp 600.000,00
4. Biaya Penyelenggaraan Pendidikan tiap semester Rp 5.000.000,00 (selama 4 semester).

F. SELEKSI

Seleksi dilaksanakan di PPS UM pada hari Sabtu, tanggal 2 Agustus 2008 jam 08.00 WIB.

G. PERKULIAHAN

Perkuliahan awal dilaksanakan pada awal September 2008.
Perkuliahan diselenggarakan bila jumlah peserta yang diterima memenuhi batas minimum yang ditetapkan oleh PPS UM.

H. FASILITAS PERKULIAHAN

Untuk menjamin kelancaran perkuliahan, Program Pendidikan Bahasa Indonesia PPS UM ditunjang dengan berbagai fasilitas yang mudah diakses oleh mahasiswa: (1) Ruang Kuliah yang dilengkapi dengan fasilitas internet; (2) Perpustakaan khusus pada PPS UM yang menyiapkan sejumlah referensi mutakhir; dan (3) Internet (hotspot) yang siap membantu mahasiswa mengakses berbagai informasi mutakhir di bidang Pendidikan Bahasa Indonesia.


--------------------------------------------------------------------------------

Informasi lebih lanjut bisa menghubungi:
Program Pascasarjana (PPS) Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Surabaya 6 Malang 65145
Telp. (0341) 551334, 551312
E-mail: kasubbagtuppsum@yahoo.com
Website: http://www.pascaum.com

No comments: