Sunday, July 27, 2008

Beasiswa UIN Jakarta untuk 1.000 Mahasiswa

UIN Jakarta Sediakan Beasiswa untuk 1.000 Mahasiswa

Gedung Akademik, UIN Online – UIN Jakarta tahun akademik 2007/2008 ini menyediakan beasiswa untuk sedikitnya 1.000 mahasiswa. Bantuan tersebut bersumber dari anggaran Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran atau DIPA tahun 2008.
Rincian ke 1.000 mahasiswa yang akan menerima beasiswa adalah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sebanyak 212 orang, Fakultas Adab dan Humaniora (77 orang), Fakultas Syariah dan Hukum (143 orang), Fakultas Usuluddin dan Filsafat (66 orang), Fakultas Dakwah dan Komunikasi (105 orang), Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (137 orang), Fakultas Sains dan Teknologi (111 orang), Fakultas Psikologi (45 orang), Fakultas Dirasat Islamiyah (21 orang), dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (49 orang). Hanya saja, menurut Kepala Bagian Kemahasiswaan Nurul Jamali SAg, besarnya nilai beasiswa belum diketahui. ”Kami belum mengetahui berapa besaran angka untuk per mahasiswanya,” katanya kepada UINJKT Online di ruang kerjanya, Selasa (17/6).

Beasiswa diberikan kepada para mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dan berasal dari keluarga kurang mampu. Adapun syarat untuk memproleh beasiswa di antaranya terdaftar sebagai mahasiswa aktif semester III-VII, surat keterangan kurang mampu dari kelurahan, memiliki IPK minimal 2,75, dan memiliki rekening di bank BNI 46. ”Bagi yang berminat dan memenuhi syarat, calon peserta dapat mengajukannya melalui fakultas masing-masing,” tutur Jamal.

Menurut Jamal, jumlah bantuan biaya pendidikan tahun ini merupakan angka terbesar yang diberikan pemerintah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. ”Pemerintah biasanya hanya memberikan beasiswa untuk 40 orang,” jelasnya.

Mahasiswa UIN Jakarta hampir setiap tahunnya menerima beasiswa dari berbagai lembaga, baik pemerintah maupun swasta, dalam dan luar negeri. Lembaga-lembaga (funding agency) yang aktif memberikan bantuan di antaranya Yayasan Beasiswa Supersemar, PT Gudang Garam, Bank BRI, Bank BNI, Chin Kung Schoolarship, PT Coca Cola, dan sejumlah media massa.

”Jika dikalkulasikan, beasiswa dari pemerintah hanya mencapai 12 persen dari seluruh beasiswa yang masuk ke UIN Jakarta,” Jamal menambahkan.*

No comments: