Wednesday, August 6, 2008

Cara Korespondensi dengan Profesor Pembimbing

iscab:

Ada tips menarik dari Kawan Dina S. Laila mengenai bagaimana cara
berkorespondensi dengan Profesor di negeri seberang kalau ingin studi Ph.D.
atau doktoral, yaitu baca paper-papernya lebih dahulu. Jadi kalau mengirim
email "I am interested in your research in bla... bla.. bla..." tidak asal
nulis akan tetapi mengacu pada paper-papernya.

Ternyata Kawan Dina S Laila juga jadi korban pertanyaan lugu. Dia memberi
info kesempatan Ph.D. di Melbourne, Australia, tapi masih ada juga yang
nanya tentang informasi di negara lain. Kadang-kadang memang orang suka
nanya kaga nyambung.

Tips-tips dari Kawan Dina S. Laila ada di bawah ini.

Condro

- sorry, jangan tanya saya tentang Ph.D., saya masih berjuang lulus master

==

Salam adik-adik dan rekan-rekan civitas,

Pertama-tama, terima kasih Pak Eniman untuk memforward email saya ke
milis civitas dan milis beasiswa.

Saya menerima cukup banyak email dari mereka yang tertarik dengan
informasi yang saya tulis di email sebelumnya. Berhubung banyak
pertanyaan yang bersifat general saya coba reply sekaligus di email ini.

1. (this is a good question)
Q: Saya lulusan S1/S2 kontrol dan berminat dengan research yang
ditawarkan oleh Michael Cantoni. Bagaimana memanfaatkan kesempatan ini?
A: Cek website Michael yang saya forward, coba baca beberapa paper ybs
yang anda rasa menarik. Kemudian kirim email pada ybs dan attach juga CV
dan transkrip anda. Silakan cantumkan juga kalau anda mengetahui beliau
dari saya. Boleh juga anda mengirim pada saya terlebih dahulu email dan
dokumen-dokumen untuk Michael kalau anda ingin saya membantu mengecek.

2. (this is a good question)
Q: Saya tertarik untuk S3 di bidang Z. Bagaimana memulai kontak dengan
professor atau calon supervisor?
A: Ikuti prosedur pada jawaban No. 1. Kalau Z = control enginering,
terutama bidang yang terkait dengan research saya (cek di
http://www3.imperial.ac.uk/people/d.laila) saya bersedia membantu
mengecek email dan dokumen-dokumen anda. Selebihnya, anda bisa mencari
dosen, teman atau kenalan di bidang Z yang mungkin bisa anda mintakan
bantuan.

3.
Q: Apakah beasiswa yang ditawarkan juga available untuk bidang lain,
selain teknik kontrol?
A: Seperti saya tulis di email saya, info beasiswa yang dimuat di
http://cms.services.unimelb.edu.au/scholarships/pgrad
atau

http://cms.services.unimelb.edu.au/scholarships/pgrad/international/available
atau

http://www.ee.unimelb.edu.au/future_students/pgrad/fees_schols.html
tidak membatasi bidang study applicants. Silakan pelajari site-site
tersebut lebih jauh untuk informasi yang lebih detail.

4. (I do not like this question, please read my email carefully before
asking)
Q: Saya bukan dosen, lalu bagaimana saya memanfaatkan informasi ini?
A: Justru informasi ini saya forward karena scholarship yang ditawarkan
tidak terbatas hanya untuk dosen atau peneliti.

5.
Q: Apakah bisa menggunakan TOEFL institutional ITB?
A: Biasanya universitas-universitas di Australia menggunakan IELTS.
Dalam kasus tertentu mereka mungkin menerima TOEFL. Untuk pastinya, coba
tanyakan ke contact person scholarship yang akan di apply.

6. (I do not like this question)
Q: Apakah ada informasi mengenai professor di CalTech, Cambridge,
Oxford, MIT, dan sebagainya?
A: Mohon fokus dan manfaatkan informasi yang tersedia, dan tidak
menanyakan apa yang di luar konteks informasi yang saya kirim.

7.
Q: Saya baru ingin melanjutkan S3 tapi saya belum siap dan tidak
mengerti sama sekali tentang research topik research yang ditawarkan.
A: Jika anda tidak mengerti sama sekali tentang topik reseach yang
ditawarkan, coba banyak mencari informasi dan membaca mengenai topik
ini. Membaca paper-paper dari calon supervisor yang menawarkan topik
research tersebut sangat direkomendasikan.
Syarat penting untuk PhD yang berhasil adalah minat dan kerja keras
(plus doa). Walaupun background anda untuk bidang yang ditawarkan minim,
tapi kalau anda berminat dan bekerja keras, kemungkinan berhasil juga
besar. Tapi, mustahil untuk mengaku berminat kalau kita tidak memiliki
pengetahuan sama sekali tentang apa yang kita claim sebagai sesuatu yang
kita minati.

8.
Q: Saya baru lulus S1, ingin melanjutkan S3 tapi saya tidak siap. Apa
yang harus saya lakukan?
A: Kalau anda baru lulus S1, dan belum siap S3, lanjutkan dulu studi
anda untuk tingkat S2.

9.
Q: Apakah ada beasiswa S2 untuk study di Australia?
A: Informasi beasiswa di site-site yang saya kirim kemarin bukan hanya
untuk S3, tapi juga untuk S2 research. Silakan pelajari lebih dalam
informasi yang tersedia disana.

10.
Q: Saya tertarik dengan informasi di email anda. Apa yang selanjutnya
saya lakukan?
A: Ada sangat banyak informasi yang tercakup di email saya yang lalu.
Yang mana yang menarik bagi anda? Mohon gali lebih jauh informasi yang
ada di email saya dan ajukan pertanyaan yang lebih spesifik.

11.
Q: Saya berminat untuk S3 di bidang Z. Dimana saya mendapat informasi
beasiswa untuk bidang ini?
A: Silakan merefer ke no 3.

Semoga poin-poin QA di atas menjawab pertanyaan-pertanyaan adik-adik dan
rekan-rekan yang datang pada saya.

btw, terus terang sebetulnya saya cukup kecewa dengan sebagian besar
pertanyaan yang saya terima. Walaupun ada pertanyaan yang baik, tapi
sebagian besar bersifat sangat general dan jawaban dari
pertanyaan-pertanyaan itu ada di email saya atau di link-link yang saya
forward di email saya yang lalu.

Saya sebetulnya sudah berusaha untuk memuat informasi selengkapnya di
email saya yang lalu, dengan mengantisipasi pertanyaan yang akan muncul.
Saya akui sebetulnya saya tidak memiliki banyak waktu untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang saya terima, tapi di lain pihak saya ingin
menyampaikan informasi-informasi tersebut pada adik-adik dan rekan-rekan
karena menurut saya sangat baik bila dapat dimanfaatkan. Saya sebetulnya
sangat berharap adik-adik dan rekan-rekan mencoba mengali informasi yang
termuat di email saya lebih jauh dengan "rajin". Saya menekankan kata
"rajin" karena sifat ini sangat diperlukan kalau kita ingin melanjutkan
studi ke jenjang S3.
Juga asumsi saya, mereka yang tidak lagi buta internet dan terutama yang
telah lulus S1 atau bahkan S2 di bidang yang berkaitan dengan EE dan IT
seharusnya memiliki kecakapan memanfaatkan informasi yang diberikan.

Sebetulnya saya berharap menerima pertanyaan-pertanyaan dari anda
seperti misalnya anda sudah menemukan bidang dan calon supervisor yang
cocok, lalu bagaimana mengontak calon supervisor tersebut; atau anda
sudah menyiapkan proposal atau scholarship applications dan anda ingin
saya membantu menilai application/proposal tersebut sebelum dikirim;
atau khususnya untuk anda yang beminat S3 di bidang yang berkaitan
dengan research saya, anda sudah menemukan bidang yang diminati dan siap
untuk S3 di bidang tersebut dan menanyakan siapa yang kira-kira baik
dikontak untuk menjadi calon supervisor. Tapi justru amat sangat jarang
sekali saya menerima pertanyaan demikian. Mungkin karena orang-orang
yang sudah mencapai tahap ini sudah tidak perlu bantuan lagi ya :)

Mohon maaf kalau saya terkesan strict. Tapi perlu anda ketahui kalau
kemampuan menggali informasi ini sangat penting dalam research. Jika
anda ingin melajutkan studi ke jenjang S3, yang isinya adalah research,
pekerjaan menggali informasi ini merupakan sebagian besar dari kegiatan
yang anda akan lakukan hampir setiap hari kalau anda S3 nanti... Kalau
anda merasa tidak suka dengan kegiatan menggali informasi ini, saran
saya anda sebaiknya berpikir dua tiga empat kali untuk melanjutkan studi
ke S3.

Jadi saya mohon dengan sangat untuk selanjutnya, silakan gali lagi
informasi yang sudah saya berikan di ujung jari anda. Manfaatkan google
dan mungkin orang-orang di sekitar anda juga untuk mencari informasi
tambahan. Setelah anda mempelajari lebih jauh informasi tentang Michael
Cantoni dan benar-benar tertarik dengan tawaran ybs, atau untuk yang
lainnya setelah at least 70% siap dengan aplikasi scholarship anda, atau
untuk yang berminat S3 di bidang yang dekat dengan research saya,
setelah anda tahu apa yang anda minati, silakan kontak saya lagi. Insya
Allah dengan senang hati saya bantu untuk tahap selanjutnya.

Salam,
-dina-

--
------------------------------------------
Dr. Dina Shona Laila
Research Associate
Control and Power Research Group
Electrical & Electronic Engineering Dept
Imperial College London
Exhibition Road, London SW7 2AZ, UK
Phone: +44(0)20 7594 6286
Fax: +44(0)20 7594 6282
Email: d.laila@imperial.ac.uk
http://www.imperial.ac.uk/people/d.laila/

No comments: