Wednesday, August 6, 2008

Syarat kerjasama Institusi Beasiswa Luar Negeri

Sharing: Masalah Kerjasama Institusi Beasiswa Quota Universitas Oslo, Norway

dear temans,
Belakangan saya banyak dapat email yang nanya tentang syarat kerjasama
institusi untuk apply beasiswa Quota Universitas di Norway. Terus terang
saya kurang tahu sistem di tempat lain, tapi saya bisa sedikit share tentang
sistem yang ada di Uni Oslo tempat saya kuliah.

jadi di form request for application form (
http://www.uio.no/english/academics/admission/quota/index.html) ditulis,
pelamar mesti berasal dari institusi yang ada kerjasama dengan UiO, saya
cuma bisa sarankan buat teman-teman yang emang pengen lamar, LAMAR ajah,
nggak usah terlalu memperdulikan syarat itu.
karena.... di UiO baru ada 1 kerjasama dengan Uni di Indonesia yaitu dengan
UGM yang dibuka kalo nggak salah 1 semester yang lalu, dan itupun kerjasama
untuk program NOMA (dulu namanya NORAD). semester lalu ada 6 students dari
UGM yang kuliah 1 semester disini.
selain UGM, setahu saya tidak ada kerjasama dengan uni di Indonesia.

kemaren saya sempat ngobrol dengan International students advisornya, beliau
bilang, pada prinsipnya kami tidak menutup kemungkinan menerima pelamar dari
institusi yang tidak ada kerjasama dengan UiO tapi kami akan memprioritaskan
mereka yang dari institusi tersebut.

saya jadi ingat syarat yang sama ada waktu saya apply tahun 2005 dulu (untuk
kuliah 2006). waktu itu saya tanya ke int. student advisors, saya bukan dari
kampus dan tentu saja kantor saya nggak ada kerjasama dengan UiO, waktu itu
student advisornya bilang, coba aja lamar, kami bikin syarat itu terutama
untuk menyaring universitas asal pelamar karena di banyak negara banyak
sekali universitasnya.

bagaimana proses seleksinya? nah ini juga banyak pertanyaan..
saya coba jawab yaah, tapi belum tentu ini jawaban yang valid, karena saya
tahu ini dari pengalaman dan obrol2an ajah

jadi nanti yang akan menentukan adalah jurusannya. seperti di jurusan saya (
www.sum.uio.no), ada quota untuk 2 orang beasiswa quota. jadi prof2 disana
yang mutusin siapa yang akan mereka terima. setelah itu baru jurusan akan
kirim nama kita ke international student office, disana diproses (biasanya
sih cuma kirim ke kementrian pendidikannya dan lanekasennya).

Waktu tahun saya (2006-2008) yang keterima saya dari Indonesia dan satu lagi
dari Rusia. saya dan teman saya sama2 bukan dari kampus, kami dulu kerja
proffesional. ketika saya tanya ke prof2 saya apa kriterianya, mereka bilang
jurusan ini targetnya dari practice ke theory jadi kami prefer orang2
lapangan, dan kriteria2 lainnya... kemudian saya tanya tentang kerjasama
institusi tapi prof2 saya bilang, nggak ada kerjasama dan menurut kami nggak
terlalu penting. "lagian kan kalian kesini mo belajar, kami terima siapa aja
yang emang pengen belajar." saya sempat tanya tentang asal institusi saya,
apa nggak ada kekhawatiran, institusi tidak jelas, terus mereka bilang kalo
mereka recognize kampus asal saya :-)
bocoran: saya dan anna, kemudian ngobrol, apa sih yang kita tulis di
motivasi, dan kita baru ngeh kalo kita berdua nulis keinginan buat akademis
cuma 2-3 kalimat sisanya keinginan untuk mendapatkan pengalaman kuliah dan
bergaul dengan siswa international di lingkungan international dll...
tapi ini makes sense banget karena bidang kami adalah culture:-D

jadi singkatnya, maju terus pantang mundur lah...
yang mutusin nanti ada di jurusannya....

Yang dapat beasiswa quota di UiO tahun 2006-2008: saya (backgroundnya kerja
di yayasan dulunya, PTN), yang satu lagi nggak ambil (dari PTN,
backgroundnya engineer).
Tahun 2007-2009 (yang satu dari perusahaan mining and gas, PTN dan yang satu
lagi dari perusahaan periklanan, PTS) dan tidak ada satupun dari institusi
asal kami berempat yang dulunya ada kerjasama institusi dengan UiO.

so good luck yahh.... prinsip saya mah simple, kalo emang buat kita bakal
buat kita kok ^_^

No comments: