Wednesday, August 27, 2008

Perbedaan penulisan nama pada ijasah dan dokumen kewarga negaraan

TANYA

Dear temans,

Saya memiliki masalah yang lumayan serius saat ini, yaitu penulisan
nama pada Ijazah tidak sesuai dengan dokumen kewarga negaraan saya
(akte kelahiran, KTP, paspor). Kesalahan saya adalah membiarkan hal
ini berlanjut karena saya sebelumnya menganggap ini bukan hal penting.

Semenjak SD, saya terdaftar dengan nama depan AL KAUSAR di sekolah,
dan karena pendaftaran ke jenjang yang lebih tinggi menggunakan
ijazah sebelumnya, saya terdaftar dengan nama AL KAUSAR hingga
perguruan tinggi. Alhasil, di ijazah sarjana saya tercantum nama AL
KAUSAR.

Sementara itu, dokumen kewarga negaraan saya (akte kelahiran, KTP,
paspor) nama depan saya tertulis ALKAUSAR (tanpa spasi). Perbedaan
yang sangat kecil, namun jelas.

Saya tidak tahu apakah ini bisa menjadi masalah ketika melamar
beasiswa. Sejauh ini saya tidak pernah dipanggil untuk beasiswa
manapun (walaupun bisa jadi juga karena aplikasi saya tidak memenuhi
syarat), dan saya juga khawatir, ini akan menjadi masalah ketika saya
mendaftar ke perguruan tinggi di luar negeri untuk studi S2 apabila
saya pergi dengan biaya sendiri.

Selama ini saya tidak ada masalah dengan organisasi-organisasi tempat
saya pernah bekerja di Indonesia untuk ketidak serasian antara nama
di ijazah dengan dokumen kewarga negaraan saya. Organisasi tempat
saya bekerja sekarang juga tidak pernah menanyakan ijazah saya yang
sekarang. Mereka hanya meminta surat rekomendasi dari tempat kerja
terdahulu.

Saya tidak ingin menyalahkan pihak sekolah dasar tempat saya belajar
dulu untuk masalah ini, juga orang tua saya yang mungkin karena
kealpaannya menganggap hal ini tidak terlalu penting, apalagi
menyalahkan diri saya sendiri, karena tidak segera menangani masalah
ini sedari awal. Yang ingin saya lakukan sekarang adalah
menyelesaikan masalah ini secepatnya, karena saya punya rencana untuk
melanjutkan studi tahun depan ke luar negeri, dengan atau tanpa
beasiswa.

Saya sudah mencoba menghubungi pihak Universitas tempat saya kuliah
dulu dan menanyakan kemungkinan memperbaiki nama di ijazah sarjana
saya, dan saya mendapatkan jawaban, hal ini tidak mungkin, karena
nama saya sesuai dengan ijazah SMA dan D3. namun pihak universitas
bisa memberikan surat keterangan. Saya tidak tahu apakah surat
keterangan ini berlaku untuk mendaftar ke universitas di luar negeri.

Sementara apabila saya mengganti dokumen kewarga negaraan saya, dan
disesuaikan dengan ijazah, hal ini tentu saja sulit. harus melalui
proses di pengadilan negeri, kemudian kantor catatan sipil dan
seterusnya. Saat ini saya bekerja di Timor-Leste dan saya tercatat
dengan nama yang sesuai dengan dokumen kewarga negaraan saya. jadi
sulit bagi saya untuk menggantinya.

Saya harap teman-teman bisa memberikan saran dan masukan untuk
menyelesaikan masalah saya ini.

Salam,

Al


JAWAB

Mungkin satu-satunya cara adalah mengubah akta kelahiran atau melampirkan surat keterangan pada akta kelahiran ke notaris terdekat di kota anda. Kalau mengubah nama (meminta keterangan) dari ijazah SD sampai ke perguruan tinggi, pasti akan repot.

Ini sesuai dengan akal sehat yang biasa saja biar efisien

iscab:

Nama saya di akte kelahiran, di KTP, di paspor, di ijasah SD, SMP, SMA, dan
sarjana berbeda-beda.
Saya bisa studi master di Uni Bremen, Jerman.
Mungkin kena masalah kalau mengalami penyetaraan ijasah di DIKTI.
Ah, tapi itu masalah nanti.

Di luar negeri, intinya gunakan nama sesuai paspor.
Jadi kalau ada salah nama pada ijasah, tinggal tunjukkan paspor lalu mereka
akan berusaha memperbaiki nama supaya sesuai paspor.

Intinya sih tidak perlu memperumit diri sendiri. Orang luar negeri juga
tidak selalu peduli dengan perbedaan nama "Alkausar" dan "Al Kausar". Selama
punya paspor, urusan administrasi mudah.

Condro

No comments: