Wednesday, August 6, 2008

Himpunan Mahasiswa Indonesia di kota Miami, Florida

TANYA

Rekan2 milis,

Franklin ingin tahu adakah mahasiswa pascasarjana Indonesia di milis
ini yang masih aktif kuliah di kota Miami, Florida? Ada profesor di
Florida International University (ada di kota Miami) yang sangat
positif dengan aplikasi Franklin. Nah, Franklin mencoba cari
perhimpunan mahasiswa Indonesia di Miami... tetapi nyaris tidak ada
orang Indonesia yang berhasil saya hubungi dari kota Miami. Franklin
khawatir permias-Miami sudah tidak aktif dan bisa dibilang sudah mati
karena nyaris tak ada lagi kabarnya.

Mungkin ada mahasiswa Indonesia di Miami yang bisa beri tips dan saran
untuk bertahan hidup di Miami? Terutama awal2 bulan ketika baru
sampai di Miami ketika uang assistantship belum dibayarkan oleh kampus
FIU? Bagaimana kehidupan di Miami bagi mahasiswa Indonesia secara
keseluruhan? Adakah perhimpunan mahasiswa Indonesia selain permias di
Miami yang masih aktif sekarang?

salam,
Franklin

JAWAB

Hi Franklin,

Sepertinya Permias di Florida memang hidup segan matipun tak mau...:)
Setahu saya 3 tahun terakhir ini, mahasiswa pasca sarjana di Miami
memang hampir tidak ada (tapi mungkin saya salah). Meski demikian, ada
beberapa orang Indonesia di sana yang menikah dengan orang US. Adapula
yang bekerja di Kapal Pesiar. Saya sendiri tinggal di Gainesville,
kurang lebih 6 jam dari Miami. Saya paling malas kalau harus ke Miami,
di mana-mana macet. Biaya hidup di Miami relatif mahal. Sewa apartment
1 kamar $500-700an belum termasuk listrik. Saran saya, Franklin harus
siap-siap membawa uang extra untuk hari-hari pertama. Jangan berpikir
untuk bisa kerja sambilan dulu kalau Franklin masuk ke US dengan visa
pelajar (F1). Mahasiswa dengan visa F1 hanya boleh bekerja di kampus
20 jam perminggu saja. Artinya, jangan berpikir untuk bekerja di luar
kampus e.g waiter dll. Kalau ketahuan, resikonya out-of-status.. dan
bisa disuruh kembali ke pangkuan ibu pertiwi. Kalau ada informasi yang
sekiranya bisa saya bantu silahkan japri saya.

Have a magical day,

Pulung
Phd student in tourism studies
University of Florida
Gainesville, FL

No comments: