Thursday, August 14, 2008

FK UI Program Studi Ilmu Biomedik (S2 & S3)

Program Studi Ilmu Biomedik (S2 & S3)
Anatomi beasiswa Beasiswa Pendidikan Biokimia Biologi Biologi Molekuler Biologi Sel Komprehensif biologis Biomedik Bioteknologi

Ilmu Biomedik

Ilmu Biomedik adalah cabang ilmu kedokteran yang menggunakan asas-asas dan pengetahuan dasar ilmu pengetahuan alam (Biologi, Kimia dan Fisika) untuk menjelaskan fenomena hidup pada tingkat molekul, sel, organ dan organisme utuh, hubunganya dengan penyakit dan mencarikan serta mengembangkan bahan yang tepat untuk mencegah, mengobati dan memulihkan kerusakan akibat penyakit.

Tujuan mempelajari Ilmu Biomedik adalah menangani masalah kesehatan / kedokteran yang belum terpecahkan dengan pendekatan klinis, bukan sekedar menyokong pendekatan klinis. Demikian luas bidang cakup ilmu biomedik sehingga terbuka peluang bagi yang bukan dokter dengan latar belakang pendidikan ilmu pengetahuan alam untuk mengembangkan minatnya dalam bidang ini.

Pendekatan ilmu Biomedik dilakukan melalui teknik laboratorium, baik dengan bahan uji biologis yang berasal dari penderita, dari lingkungan maupun dari hewan coba.

Program Studi Ilmu Biomedik
Program Pascasarjana FKUI
Merupakan Program Pascasarjana pertama di Universitas Indonesia. Didirikan pada tanggal 11 Agustus 1979 dengan nama "Program Pendidikan Pascasarjana Ilmu Kedokteran Dasar" (P3S IKD) di FKUI yang merupakan Program Pendidikan S2 (Magister). Sejak tahun 1990 diubah menjadi Program Studi Ilmu Biomedik (PSIB) yang dikembangkan ke jalur akademik dan dikelola oleh Program Pascasarjana (PPS) FKUI. PSIB terbagi atas: Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3). Program Magister PSIB PPS-FKUI telah dievaluasi oleh BAN pada thaun 2000 dan memperoleh ranking A dengan nilai tertinggi diseluruh Indonesia.

VISI
PSIB PPS - FKUI
"Menjadi pusat pendidikan berbasis penelitian yang unggul dalam Ilmu Biomedik"

MISI
PSIB PPS - FKUI

Mendidik calon peneliti dalam berbagai bidang ilmu Biomedik melalui penelitian sebagai kegiatan pembelajaran pokok, dengan asas "Membentuk peneliti melalui penelitian".
Melakukan penelitian dalam berbagai ilmu Biomedik yang layak publikasi dalam jurnal nasional / internasional, dan/atau yang dapat memperoleh paten.
Menjalin jaringan kerjasama dengan berbagai institusi dalam dan luar Indonesia, baik dalam penelitian maupun dalam program pendidikan.

Staf Pengajar

Staf Pengajar Program Studi Ilmu Biomedik terdiri atas MS Biomedik atau MSc. (+-86 orang), Doktor atau PhD. (48 orang) serta Guru Besar (30 orang) yang berasal dari berbagai disiplin ilmu Biomedik di FKUI.

SARANA
Pendidikan dan Penelitian

Seluruh fasilitas pendidikan dan laboratorium yang ada di lingkungan FKUI (khususnya departemen terkait), sarana penelitian lembaga mitra seperti: laboratorium MAKMAL terpadu, lembaga Eijkman, Pusat Transfusi Darah PMI-RSCM dan lembaga-lembaga penelitian pemerintah atau swasta terkait.

Profil Lulusan

Para lulusan diharapkan mampu melakukan penelitian, baik secara mandiri maupun dalam suatu tim (kelompok), mampu mencari penyelesaian masalah kesehatan dan biologi dan mempunyai motivasi untuk ikut memberi sumbangan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama dalam bidang biomedik dan aplikasinya. Lulusan PSIB PPS-FKUI dapat bekerja sebagai dosen/tenaga pengajar diberbagai perguruan tinggi, sebagai peneliti di lembaga penelitian / industri atau sebagai manager laboratorium.

Beasiswa Pendidikan

Staf Pengajar Perguruan Tinggi Negeri atau Kopertis dalam lingkungan Departemen Pendidikan Nasional yang memenuhi persyaratan yang ditentukan PSIB PPS-FKUI dapat mengajukan usulan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana (BPPS) ke Ditjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional dengan melampirkan rekomendasi PSIB PPS - FKUI.

KURIKULUM

Lama pendidikan 4 - 6 semester, dengan jumlah kredit yang harus diperoleh harus sekitar 40 - 44 SKS, yang terbagi atas:

Mata ajaran umum (16 SKS), wajib diikuti seluruh peserta.
Mata ajaran khusus (16-20 SKS), sesuai dengan kurikulum kekhususan terdiri atas: mata kuliah wajib dan mata kuliah penunjang/pilihan.
Penelitian tesis (8 SKS)

Mata ajaran umum dan kekhususan dilangsungkan dalam 3-4 semester.

Mata Kuliah Umum:

1. Biologi Sel Komprehensif (2 SKS)
2. Biologi Molekuler dan Genetika (2 SKS)
3. Filsafat Ilmu Pengetahuan (1 SKS)
4. Metodologi Riset (3 SKS)
5. Pengantar Biokimia (2 SKS)
6. Prinsip Bioteknologi (2 SKS)
7. Seminar Umum (2 SKS)
8. Kemampuan Dasar Laboratorium (2 SKS)

Pendidikan dilaksanakan berdasarkan pola kegiatan mandiri denga strategi sebagai berikut:

1. Kuliah interaktif
2. Kerja Laboratorium / Lapangan
3. Seminar
4. Penelitian dan Penulisan Tesis

Program Magister

Terdiri atas 12 kekhususan, yaitu:

1. Anatomi
2. Biokimia
3. Biologi Kedokteran
4. Farmakologi
5. Fisiologi
6. Histologi
7. Imunologi
8. Mikrobiologi
9. Parasitologi
10. Patobiologi
11. Sains Reproduksi Kedokteran
12. Sains Transfusi

Persyaratan Peserta
Program studi ini dapat diikuti oleh Sarjana bidang:

Kedokteran (dr. / S.Ked., drg. / SKG atau drh. / S.Vet)
Kesehatan Masyarakat (SKM, Sarjana Gizi)
Non Kedokteran (SSi, Biologi/Kimia/Farmasi, Sarjana Pendidikan untuk Ilmu biologi/kimia, Sarjana Pertanian dan Sarjana lain dengan latar belakang ilmu biologi dan ilmu kimia yang cukup)

Persyaratan Umum

Cakap menulis dan membaca bahasa inggris, lulus tes potensi akademik yang diselenggarakan Universitas Indonesia dan lulus tes / Persyaratan dari masing-masing kekhususan.





PROGRAM DOKTOR
KURIKULUM

Lama pendidikan 6-8 semester, dengan jumlah kredit yang harus diperoleh: 22 - 24 SKS mata ajaran untuk Kualifikasi, 3 SKS ujian proposal, 3 SKS penilaian kegiatan penelitian, 3 SKS seminar hasil penelitian, 12 SKS ujianpra-promosi (tertutup) dan 6 SKS ujian promosi (terbuka).

PROPOSAL PENELITIAN

Diajukan selambatnya semester II untuk menentukan tim promotor. Penilaian proposal penelitian dilakukan oleh 4 orang pakar dalam bidang terkait, termasuk diantaranya calon tim promotor.

TIM PROMOTOR

Terdiri atas: 1 orang Promotor dan 1-2 orang KoPromotor. Promotor adalah guru besar di PSIB PPS-FKUI atau dilingkungan UI yang terkait ilmu Biomedik. Tim promotor menentukan mata ajaran kualifikasi yang harus di ambil promovenda untuk mendukung penelitiannya (setelah lulus ujian proposal).

PENELITIAN & DISERTASI

Penelitian dimulai bila telah lulus ujian proposal dan dapat dilaksanakan besamaan dengan mata ajaran kualifikasi. Penelitian sebagian atau seluruhnya harus dipublikasikan sekurangnya dalam 2 jurnal ilmiah nasional atau 1 jurnal ilmiah internasional yang terakreditasi. Disertasi dapat dituliskan dalam bahasa Indonesia atau Inggris dan dipertahankan dalam ujian prapromosi (tertutup) dan promosi (terbuka).

PERSYARATAN PESERTA

Sarjana S2 Ilmu Biomedik atau bidang lain yang berkaitan dengan ilmu Biomedik dari perguruan tinggi dalam dan luar negeri yang terakreditasi diakui Depdiknas.
Cakap menulis dan membaca bahasa Inggris.
Mengajukan usulan / rencana penelitian.
Lulus seleksi dan wawancara dari Program Doktor PSIB PPS-FKUI.
PENDAFTARAN

Formulir pendaftaran dapat diperoleh pada:
SEKERTARIAT PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS INDONESIA
JL. SALEMBA RAYA No. 4 JAKARTA 10430
TELP. : (021) - 3100059, 3924710
FAX. : (021) - 31922269

Pendaftaran Program Magister dilaksanakan dalam 2 gelombang:

* Gelombang I : Bln. Jan. s/d Mar. atau Jul. s/d Sept.
* Gelombang II : Bln. Apr. s/d Jun. atau Okt. s/d Des.

Ujian saringan Program Magister
Terdiri atas 2 tahap :

Tahap I bersifat umum diadakan di Balairung UI Depok. Terdiri atas: tes potensi akademik, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
Tahap II bersifat khusus diadakan di Kampus UI Salemba, yaitu: tes / wawancara di masing-masing kekhususan.

Pendaftaran Program Doktor dilaksanakan pada bulan:

* Januari s/d Juni untuk Semester Ganjil.
* Juli s/d Desember untuk Semester Genap.

Seleksi Program Doktor

* Presentasi usulan / rencana penelitian
* tes bahasa Inggris
* wawancara

Informasi lebih rinci mengenai biaya pendaftaran dan pedidikan dapat diperoleh pada :
Sekretariat Program Studi Ilmu Biomedik PPS - FKUI
Gedung FKUI Lantai II
Jl. Salemba Raya 6 Jakarta 10430
Telp. : (021) 31900908, 3910734, 31930379 dan 31930373 pes. 31,35,49
Fax. : (021) 31900908, 3190190
E-Mail : psbiomedik@centrin.net.idThis e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it , psbiomedik@fk.ui.ac.idThis e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

CATATAN:
Calon peserta Program Magister PSIB PPS-FKUI, dimohon mencantumkan nama kekhususan yang dipilih di formulir pendaftaran.

No comments: