Wednesday, August 27, 2008

Studi MS/PhD at Max Planck Institute

TANYA

Dear Milister,

Salam kenal, saya Nunu.

Saya mau bertanya tentang Max Planck Insitute (MPI) yang ada di Germany.
Mereka saat ini membuka lowongan student baik untuk program Master ataupun PhD, dibawah payung International Max Planck Research School (IMPRS).
yang jadi pertanyaan saya adalah:
- bagaimana study di MPI/IMPRS tersebut?
- dan bagaimana prospek student dari lulusan IMPRS? mengingat bahwa bahwa IMPRS ini adalah lembaga penelitian, bukan merupakan suatu institusi pendidikan.
mungkin ada alumni/milisters yang tahu info tentang MPI/IMPRS ini.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas infonya

Cheers

Nunu

JAWAB

Halo Nunu,

MPI adalah salah satu lembaga riset terkemuka di Jerman, yang mempunyai beberapa puluh center di Jerman dan baru-baru ini membuka cabang di Amerika dan China. Dalam pemeringkatan lembaga riset seringkali MPI memperoleh peringkat sangat baik.

Sepanjang yang saya ketahui, MPI sendiri tidak memberikan gelar/degree, melainkan mahasiswanya terdaftar di universitas (umumnya yang terdekat dangan lokasi MPI tersebut) dan nantinya medapat gelar akademiknya dari universitas di mana yang bersangkutan terdaftar.

Jadi, silakan maju terus.

Wassalam

No comments: