Sunday, August 10, 2008

Lowongan peneliti linguistik bahasa indonesia

mencari peneliti linguistik perkembangan "bahasa
indonesia" untuk anak sekolah dasar

dear beasiswa milister,

saya ingin bertanya,diantara sekian ribu pengikuti milis, apakah ada yang
menggeluti "linguistik" untuk anak sekolah dasar? atau psikolinguistik untuk
anak sekolah dasar?

bila ada bolehkan saya meminta contact person ibu/bapak/mas/mbak untuk
berdiskusi, sebelumnya terima kasih banyak.

saat ini saya sedang praktek kerja profesi/bekerja dibeberapa sekolah (tk,
sd, smp, sma, slb) untuk memenuhi persyaratan menjadi psikolog. kebetulan di
sekolah dasar, saya menangani anak yang mengalami gangguan menulis dan
membaca.
karena bidang saya psikologi, saya sangat membutuhkan bantuan dari rekan
yang menggeluti bidang bahasa indonesia. banyak sekali hal-hal yang
berkaitan dengan "pembentukan" bahasa indonesia pada anak, yang belum saya
ketahui.

kebetulan, saat ini saya sedang kuliah di magister profesi psikologi
pendidikan. minat saya psikolinguistik untuk anak sekolah dasar. rencana
thesis saya akan mengangkat mengenai gangguan menulis (dysgrafia) pada anak
sekolah dasar.

karena bidang yang hendak saya geluti perkawinan antara ilmu psikologi dan
ilmu linguistik (bahasa indonesia), serta neurolog anak. oleh karena itu
saya sangat membutuhkan bantuan rekan-rekan yang bergeluti di bidang
linguistik. atau mungkin malah saya bisa bertemu rekan-rekan yang menggeluti
bidang yang nyerempet dengan bidang yang hendak saya geluti.

sebenarnya, begitu banyak hal yang sebenarnya menjadi pertanyaan saya.
seperti:

1. perkembangan bahasa anak indonesia itu bagaimana? karena selama ini teori
yang ada selalu membahas perkembangan bahasa di dunia barat. sementara dari
karakteristik bahasanya sendiri sudah berbeda. ya, ini hanya asumsi saya
saja, bahwa ada perbedaan perkembangan bahasa antara anak di indonesia dan
di dunia barat. atau mungkin asumsi saya ini sudah dibuktikan oleh beberapa
penelitian linguistik di indonesia, hanya saya saja yang belum tahu. ya,
oleh karena itu saya mohon bantuan informasi melalui milis ini. siapa tahu
ada rekan yang bisa membantu saya tentang.

2. selama ini apakah pemerintah terutama depdiknas sudah berperan atau
memiliki program untuk anak-anak yang mengalami gangguan menulis dan
membaca? karena seperti yang kita tahu bahwa pendidikan di indonesia masih
paper and pencil test, semua diukur di atas hitam dan putih. tentu saja bagi
anak-anak yang mengalami language difficulties akan mengalami frutasi dan
berpotensi menjadi siswa yang "tidak berprestasi." padahal mereka memiliki
potensi yang lain.

3. sebenarnya penyusunan buku-buku bahasa indonesia untuk kelas 1 dan 2 SD
berdasarkan dari penelitian perkembangan linguistik bahasa indonesia anak
atau tidak? karena, saya melihat ada kecenderungan "bahasa" yang digunakan
kok agak tinggi. alias agak sulit untuk anak-anak usia kelas 1 dan 2 SD.

4. apakah kurikulum untuk pengajaran bahasa indonesia selama ini
mempertimbangkan perkembangan linguistik bahasa indonesia anak?

semoga, melalui tulisan ini, saya dapat bertemu dengan peneliti linguistik
perkembangan "bahasa indonesia" untuk anak sekolah dasar. atau rekan-rekan
yang berminat dalam bidang tersebut. serta rekan-rekan yang memiliki
keresahan yang seperti saya rasakan...

ya, mungkin sekedar curhat saja...setiap saya turun ke lapangan dan
menemukan anak-anak yang berkesulitan membaca dan menulis...dalam hati kecil
saya begitu resah...hingga saya ingin tahu lebih banyak, tentang bagaimana
sistem pengajaran "bahasa indonesia" untuk anak sebenarnya (terutama tentang
bagaimana asal muasalnya)....

harapan saya, sederhana saja...penelitian psikolinguistik yang hendak-sedang
saya lakukan bisa sedikit membawa angin segar untuk perkembangan literasi
"bahasa indonesia" anak-anak. hingga, ketika guru kelas 1& 2 sekolah dasar
menemui anak-anak mereka berkesulitan dalam membaca dan menulis, mereka tahu
apa yang harus dilakukan dan bagaimana penanganannya.

sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

salam hangat,
lusia
lusia gayatri yosef" lusia_yosef @ yahoo.com>

No comments: