Wednesday, August 6, 2008

Contoh Interview IELSP

TANYA

Maaf sebelumnya, mungkin saya mengulang pertanyaan sebelumnya. Kemarin
saya dihubungi pihak IIEF bahwa saya lolos untuk interview IELSP pada
6 Aug 2008 di UI Salemba. Terus-terang saya nervous menghadapi
wawancara ini. Kalau bisa saya minta tolong teman2 yang pernah ikut
IELSP untuk memberikan penjelasan yang agak detail ttg proses
wawancaranya.

Kemarin pernah ditulis bahwa untuk wawancara, apa yang ditanyakan
umumnya berkisar atas apa yang ditulis, isu yang berkembang yang
ditanggapi, prestasi yang anda miliki, seputar kegiatan dan
pertanyaan lain yang berkaitan/tercantum di aplication form yang
dikumpulkan. kalau memungkinkan, saya minta contohnya.
Saya kemarin ngisi application, mengatakan bahwa saya ingin jadi great
scientist, program IELTS akan berguna utk melanjutkan ke graduate
study ke amerika, isu yang berkembang yg saya angkat adalh ttg
lemahnya sains di Indonesia.

Saya juga pernah diwawancara dlm b.ing, saya ditanya ttg latar belakng
saya, saya jelaskan dari masa kecil saya sampai kul, makan waktu 3-5
menit, kmudian saya ditanya 1 atau 2 pertanyaan lagi, trus disuruh
kluar, hasilnya saya ga lolos. waktu itu saya bertanya2 apa kekurangan
saya.

saya juga mikir klo diinterview in english itu gimana mau mikir
grammar, malah vocab aja sering lupa krn gugup, sehingga sering
tersendat2. teman2 mungkin ada yg punya tips and triknya?

Regards
Harry

JAWAB

contoh pertanyaan interview IELSP,,,,,
ini seingat saya,,,, jadi bisa aja beda,,,,:

di email anda,,,, pengen jadi ilmuan,,,, nah pertanyaan bisa gn,,,,
1. kira2 anda bisa wujudin itu?
2. kriteria apa yang anda punya untuk bisa seperti itu,,,,?
3. 5 - 10 tahun kedepan bisa anda ceritakan anda akan seperti apa,,,,?
4. hal tersedih yang pernah terjadi dalam hidup anda (ni pertanyaan kadang ada kadang gak)
5. ceritakan soal keluarga anda?
6. permasalahan sosial apa yang sedang terjadi di indonesia / daerah anda,,,,?
7. bagaimana solving masalah tersebut,,,,,?
8. apakah anda memiliki jiwa kepemimpinan dalam diri anda,,,,? beserta contoh konkritnya sehari2 ,,,,(jangan muluk2,,,, bilang aja km yang sering koordinir orang rumah bt kerja2 bersih rumah jg dah ok kok,,,,^^)?

gn,,,,, sebenarnya pertanyaan itu tergantung jawaban anda,,,,, karena si interviewer model pertanyaannya berkembang sesui dengan jawaban anda,,,,, jadi sebenarnya hati - hati dalam menjawab agar tidak timbul pertanyaan yang akan menjebak anda,,,,

yang utama anda yakin dengan jawaban anda (percaya diri),,,, karena klo dah gugup malah salah ngomong,,,, yang utama anda harus selalu BERDOA,,,,

semoga berhasil dalam interview kawan,,,, lets build Indonesia better than nowdays,,,,,^^

Tuhan Memberkati

Best Regards,,,,

Iwan Indra Kurniawan
Mahasiswa FISIP Universitas Mulawarman
Samarinda, Kalimantan Timur
IELSP Batch IV 2008

No comments: