Sunday, August 10, 2008

Info Beasiswa Swiss

TANYA

Mas Joe yang baik,

saat ini sudah di Swiss kah? Saya tertarik untuk mengikuti beasiswa
ini untuk tahun depan. Tentu saja usaha saya pertama harus meyakinkan
profesor yang ada di uni2 swiss. Tetapi bidangku adalah filologi dan
filsafat, rencananya mau search di Geneva atau Zurich. KIra-kira ada
saran? dan gimana supaya mudah dapat letter acceptance?

Oya, apakah proses beasiswanya relatif mudah dan berapa tiap tahun
kuotanya? Terima kasih banget. Saya senang Anda sudah berada di Swiss.
Sukses untuk studinya.

Salam berat,

Zacky KU
Univ of Indonesia

JAWAB

Kang Zacky..
beasiswa swiss biasa dibuka mulai Juli - September coba anda cek di websitenya
beasiswa ini relatif mudah dari yang lain disamping kurang publikasi juga sedikit peminatnya (kayanya karena swiss gak punya perwakilan lembaga yang khusus
nangani kerjasama beasiswa (pendidikan) ini. Baiknya saran saya anda browsing di internet ttg kampus dan jurusan yang anda ambil. Saya yakin jurusan anda banyak. Sistem pendidikan di swiss tak beda jauh dengan jerman (karena di sini emang Swiss-German) jadi filsafat masih kenal disini...Saya sendiri justru masih masuk ke ranah filsafat nih. Fakultasku malah namanya Philosophisch-naturwissenschaftliche Fakultät . JAdi saya fikir jurusan anda di Swiss/Jerman banyak sekali. Tapi kalo filsafat saya sarankan anda ke Jerman saja...Saking banyaknya filsuf yang mengembangkan filsafat di German. Anda bisa ke Tubingen atau ke Univ lainnya.
btw DAAD sedang buka kan sekarang

No comments: